KANDUNGAN ZAT DALAM JAHE UNTUK KESEHATAN

 KANDUNGAN ZAT DALAM JAHE UNTUK KESEHATAN

Jahe atau nama lainnya yaitu Zingiber Officinale merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam suku Zingiberaceae. Tanaman ini berasal dari asia selatan dan pada saat ini telah tersebar ke seluruh dunia, para pedagang arab telah mengenal jahe dan bumbu-bumbu rempah lainnya sebagai bumbu masakan mereka sebelum abad pertama sebelum masehi dan juga masyarakat China telah memanfaatkan tanaman jahe sebagai obat dan penyedap makanan pada abad 6 sebelum masehi. Jahe sudah terkenal sebagai salah satu bahan untuk bumbu makanan, obat tradisional, dan dibuat minuman (Aryanta, 2019, p. 39). Makadari itu mari kita bahas kandungan zat dalam Jahe untuk kesehatan.

KANDUNGAN ZAT GIZI

            Dalam menu sehari-hari, sebagian masyarakat di dunia pasti mengunakan jahe dan rimpang-rimpang lainnya untuk salah satu masakan mereka atau obat mereka, karena kandungan zat gizi dalam jahe sangat baik untuk tubuh. Berikut ini kandungan zat gizi dalam jahe mentah menurut Ware (2017) dalam artikelnya menyebutkan:

Jenis Zat Gizi dan Nilai Gizi Rimpang Jahe Mentah

Jenis Zat Gizi

Nilai Gizi per 100g

Serat

3.60 g

Karbohidrat

17,86 g

Energi

79 kkal

Zat Besi

1,15 g

Sodium

14 mg

Potasium

33 mg

Vitamin C

7,7 mg

Protein

3,57 g

(Ware, 2017)

            Gizi lainnya dalam rimpang jahe dengan kualitas rendah yaitu zeng, fosfor, magnesium, vitamin B6, folat, vitamin A, riboflavin, dan niacin (Ware, 2017).

KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN

            Jahe dimanfaat sebagai obat herbal karena dalam jahe mengandung minyak atsiri dengan senyawa kimia aktif: seperti: Zingiberin, kamfer, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit (Digest, 2004). Senyawa kimia aktif yang juga terkandung dalam rimpang jahe bersifat anti-inflamasi dan antioksidan, yaitu general, curcumin, salicilat, beta-caroten, capsaicin, asam cafeic (Ware, 2017). Berikut ini manfaat atau khasiat rimpang jahe menurut penelitian para ahli dalam bidang kesehatan, yaitu:

1.      Menurut Goulart (1995) mengatakan jahe dapat digunakan untuk mengobati penyakit vertigo, mual-mual, demam, batuk, mabuk perjalanan, gangguan saat menstruasi, penyakit jantung dan kangker.

2.      Menurut Ware (2017) mengatakan rimpang jahe berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan yang beresiko terhadap kanker usus besar dan sembelit, meredakan mual-mual pada wanita yang sedang hamil, menyembuhkan flu, mengurangi rasa sakit ketika menstruasi, mengurangi resiko serangan kanker colorectal, dan menjaga kesehatan jantung.

3.      Menurut Digest (2004) mengatakan jahe dapat digunakan untuk meredakan mabuk perjelanan, membantu mengatasi mual-mual, dan meredakan rasa sakit ketika menstruasi.

    Baca Juga: Resep Terapi Jahe Untuk Beberapa Penyakit

4.      Menurut Santoso (2008) mengatakan rimpang jahe dapat digunakan untuk meredakan pegal-pegal, batuk, penyakit impoten, ramtik, pusing kepala, masuk angin dan sakit pinggang.

5.      Dalam hasil penelitian oleh Leach (2017) dalam artikel Journal Aryanta (2019, p. 41) menyimpulkan bahwa rimpang jahe sangat efektif untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit karena mengandung generoeneralbersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Jahe dapat mengurahi rasa sakit, nyeri otot, membantu menyembuhkan penyakit osteoarthritis, menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2, menurunkan resiko penyakit jantung, mengatasi gangguan pencernaan kronis, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, membantu mencegah penyakit kanker terutama kanker pancreas, payudarah dan kanker ovarium, meningkatkan fungsi otak dan mengatasi penyakit Alzheimer, dan membantu mengatasi berbagai serangan penyakit infeksi.

Jangan Lupa Berlangganan (Gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Aryanta, I. W. R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. J Widya Kesehatan, 1(2), 39-43.

Digest, R. s. (2004). Foods that Harm Foods that Heal. The Reader’s Digest Association Inc: New York.

Goulart, F. S. (1995). Super Healing Foods. Reward Books, a member of Penguin Putnam Inc: New York.

Leach, J. (2017). 11 Proven Health Benefits of Ginger. In. Health Line.

Santoso, H. B. (2008). Ragam & Khasiat Tanaman Obat. PT Agromedia Pustaka: Yogyakarta.

Ware, M. (2017). Ginger: Health Benefits and Dietary Tips. In: Medicalnewstoday.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

ONTOLOGI