PENJELASAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

 PENJELASAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

            Sistem informasi akuntansi atau bisa di singkat dengan SIA adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan akuntansi dan pengertian akuntansi itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah sistem akuntansi (Rochmawati, 2014, p. 19). Adapun menurut Puspitaningtyas (2018, p. 165) mengatakan bahwa informasi akuntansi adalah kandungan informasi yang dapat diperoleh dari laporan keungan perusahaan melalui teknik analisis fundamental, analisis fundamental bertujuan untuk menyiapkan data yang berhubungan dengan  perusahaan yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan investasi. Di perkuat kembali oleh Setyowati (2017, p. 64) sistem informasi merupakan sekumpulan sumber daya seperti manusia da peralatan yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya ke sistem informasi. Maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan sistem informasi akuntansi dapat mempermudah seseorang dalam melihat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan lebih tepat dan akurat.

            Menurut Rochmawati (2014, p. 19) beberapa manfaat sistem informasi akuntansi, yaitu:

1.      Menyediakan sistem informasi yang akurat dan tepat agar dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efesien.

2.      Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.

3.      Meningkatkan efesiensi.

4.      Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

5.      Meningkatkan sharing knowledge.

6.      Menambah efesiensi kerja pada bagian keungan.

    Baca Juga5 Universitas Terbaik Di Benua Australia 2020

TUJUAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

            Menurut Rochmawati (2014, p. 19) tujuan sistem informasi akuntansi, yaitu:

1.      Untuk mendukung operasi-operasi setiap hari (to support the day to day operation).

2.      Mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision makers).

3.      Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung jawaban (to fulfill obligations relating to stewardship).

 Jangan Lupa Langganan (Gratis) dan Comennet Agar Kalian Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih

DAFTAR PUSTAKA

Puspitaningtyas, Z. (2018). Relevansi nilai informasi akuntansi dan manfaatnya bagi investor. J EKUITAS, 16(2), 164-183.

Rochmawati, R. V., Valeria (2014). Pengembangan sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas berbasis komputer pada perusahaan kecil (studi kasus pada PT. Trust Technology). J Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(1), 17-28.

Setyowati, E. O. T. R., Agustini Dyah (2017). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. J Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 63-75. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)