PERAN VITAMIN D UNTUK KESEHATAN JASMANI

 

PERAN VITAMIN D UNTUK KESEHATAN JASMANI

APA ITU VITAMIN D

            Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang mempunyai ciri khas larut dalam lemak prohormone. Nama lain vitamin D yaitu kalsifenol. Secara umum vitamin D dikenal sebagai pembentuk struktur tulang dan gigi yang lebih baik. Peran vitamin D tidak hanya itu, vitamin ini juga berperan sebagai penjaga kesehatan otot, otak dan jantung.

            Vitamin D menjadi vitamin yang sangat unik, karena vitamin ini dapat di produksi langsung oleh kulit ketika kulit terpapar sinar matahari. Vitamin D mempunyai 2 jenis yaitu vitamin D2 dan Vitamin D3. Vitamin D2 atau di sebut dengan ergosterol berasal dari viosterol, yang kemudia dari sinar matahari di ubah menjadi egosterol. Egosterol merupakan sebuah melekul sterol dari dingding sel jamur, makadari itu vitamin D2 secara alami dapat ditemukan di jamur yang terpapar sinar matahari. Sedangkan vitamin D3 atau di sebut dengan Cholecalciferol merupakan disintesis di dalam kulit dan juga dapat ditemukan di ikan kaya minyak seperti salmon, hering dan makarel.

            Menurut Holick (2011) Vitamin D yang di hasilkan oleh kulit akan berada di dalam darah 2 kali lebih lama dibandingkan dengan vitamin D yang berasal dari makanan. Paparan sinar matahari selama 5-30 menit antara pukul 10.00 – 15.00 sedikitnya 2 kali/minggu pada kulit lengan, wajah, punggu atau tungkai tanpa mengenakan tabir surya cukup adekuat untuk sintesis vitamin D (Martin, 2011). Ada beberapa faktor yang dapat menurunkan produksi vitamin D dari kulit yaitu peningkatan pigmentasi kulit, penggunaan tabir surya pada kulit, dan penuaan.

MAKANAN YANG MENGANDUNG VITAMIN D

            Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin D dan baik di konsumsi untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1.      Susu Sapi

2.      Susu Kedelai

3.      Jamur

4.      Tuna Kaleng

5.      Kuning Telur

6.      Buah Jeruk

7.      Salmon

8.      Sereal dan Oatmeal

    Baca Juga: Obat Stres Sangat Mudah Di Dapat

PERAN VITAMIN D DALAM TUBUH

            Berikut ini ada beberapa peran vitamin D untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1.      Kesehatan Tulang

Kadar vitamin D yang cukup, penting untuk perkembangan normal tulang baik saat di dalam kandungan maupun masa anak-anak, serta untuk menjaga kesehatan tulang pada dewasa. Kadar vitamin D yang cukup menyebabkan produk kalsium-fosfat adekuat, sehingga memungkinkan mineralisasi tulang yang efektif. Insufisiensi vitamin D maternal selama kehamilan dikaitkan dengan penurunan mineral tulang pada bayi yang menetap selama 9 tahun setelah lahir (Wacker, 2013).

2.      Osteoporosis

Kasium dan vitamin D memiliki peran yang sangat penting untuk kepadatan tulang yang lebih baik dan menurunkan resiko osteoporosis di kemudian hari.

3.      Imunitas

Menurut Wacker (2013) mengatakan bahwa vitamin D dapat meningkatkan Imunitas Innate untuk melawan beberapa infeksi terutama tuberculosis, influenza, bakteri dan penyakit saluran nafas karena virus.

4.      Kesehatan Otot

Vitamin D memiliki peran sebagai pembantu transformasi metabolisme fosfat, kalsium, protein, dan aktivitas mitogen yang mengaktifkan jalur signal protein kinase pada otot skeletal. Makadari itu fungsi inilah yang menjadi alasan vitamin D sebagai kesehatan dan kekuatan otot yang lebih baik.

  Jangan Lupa Langganan (Gratis) dan Comennet Agar Kalian Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Semoga Bermanfaat dan Terimakasih

DAFTAR PUSTAKA

Holick, M. F. B., Neil C Bischoff-Ferrari, Heike A Gordon, Catherine M Hanley, David A Heaney, Robert P Murad, M Hassan Weaver, Connie M (2011). Evaluation, treatment, and prevention of vitamin D deficiency: an Endocrine Society clinical practice guideline. J The Journal of Clinical Endocrinology Metabolism, 96(7), 1911-1930.

Martin, T. C., R Keith (2011). Vitamin D and diabetes. J Diabetes spectrum, 24(2), 113-118.

Wacker, M. H., Michael F (2013). Vitamin D-effects on skeletal and extraskeletal health and the need for supplementation. J Nutrients, 5(1), 111-148. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)