RESEP TERAPI JAHE UNTUK BEBERAPA PENYAKIT

RESEP TERAPI JAHE UNTUK BEBERAPA PENYAKIT

            Manfaat rimpang jahe bukan hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh saja, tetapi tanpa disadari khasiat jahe banyak sekali, jahe memili kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Rimpang jahe yang segar memiliki rasa sedikit pedas yang kuat dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baikpun masih banyak di dalam jahe segar,untuk memanfaatkan jahe segar salah satunya anda bisa memasukan jahe segar dalam makanan atau minuman anda. Apabila memilih jahe bubuk usahakan kandungan jahe bubuk masih murni asli dari jahe, karena jahe bubuk yang dijual di pasaran terkadang sudah mengandung tambahan gula dll. Makadari itu pembahasan dalam artikel kali ini akan membahas beberapa resep terapi jahe untuk beberapa penyakit menurut beberapa ahli kesehatan.

RESEP TERAPI JAHE UNTUK BEBERAPA PENYAKIT

            Menurut Santoso (2008) memberikan resep terapi jahe untuk beberapa penyakit, sebagai berikut:

1.      Batuk

Resep terapi jahe untuk penyakit batuk yaitu: diambil dari 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, lalu di cuci bersih dan di rembus dengan takaran 2 gelas air, dididihkan hingga tersisa 1 gelas air, air rebusan jahe tersebut di minum 2 kali sehari setiap pagi hari dan sore hari.

2.      Pegal-pegal

Resep terapi jahe untuk pegal-pegal yaitu: diambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan 2 gelas susu segar. Rimpang jahe di cuci bersih lalu di bakar sesudah itu dikuliti. Rimpang itu dimemarkan, lalu di rebus bersama susu segar. Ramuan ini di minum 2 kali sehari setiap pagi hari dan sore hari, masing-masing 1 gelas.

3.      Impoten

Resep terapi jahe untuk penyakit impoten yaitu: disiapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 buah jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampong, 1 sdt bubuk kopi, 1 sdm kecap, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk merica. Rimpang jahe di cuci, diparut, ditambahkan segelas air masak, lalu diperas, ditambahkan air jeruk nipis, kuning telur dan dioplos dengan bahan lainnya. Ramuan ini diminum setiap 1 minggu 1 kali.

4.      Kepala pusing

Resep terapi jahe untuk kepala pusing yaitu: diambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, dicuci bersih lalu dibakar, dan dimemarkan. Diseduh dengan 1 gelas air dan ditambahkan dengan sedikit madu, atau gula aren. Lalu di minum.

5.      Rematik

Resep terapi jahe untuk penyakit rematik yaitu: diambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, dibakar, dicuci bersih lalu di parut. Parutan jahe bakar di tempelkan di bagian tubuh yang terasa rematik. Atau

Diambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan 2 buah asam jawa yang sudah dimasak. Jahe dicuci lalu diparut dan dicampurkan dengan asam jawa sampai merata. Ramuan di oleskan ke bagian yang terasa rematik atau yang sedang sakit.

Baca Juga: Kandungan Zat Dalam Jahe Untuk Kesehatan

6.      Masuk angin

Resep terapi jahe untuk masuk angin yaitu: diambil 3 rimpang jahe sebasar ibu jari dan dimemarkan, lalu dimasukan kedalam 2 gelas air bersih dan diberikan sedikit gula aren. Dididikah selama 15 menit hingga airnya terlihat tersisa separuhnya, lalu disaring. Ramuan diminum ketika masih hangat dan diminum 2 kali sehari.

            Menurut Sudewo (2006) mengatakan produk olahan jahe merah yang bermanfaat untuk terapi berbagai penyakit yang telah diuji di pasaran, yaitu: rajangan kering simplisia, jahe instan, serbuk jahe, sirup jahe, dan permen jahe. Makadari itu penggunaan jahe untuk terapi berbagai penyakit, bisa di gunaka tersendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain, jahe disarankan untuk selalu digunakan dalam berbagai bumbu masakan alami, terutama jahe merah baik digunakan untuk obat herbal dalam terapi berbagai penyakit secara tradisional (Aryanta, 2019, p. 43).

Jangan Lupa Berlangganan (Gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Aryanta, I. W. R. (2019). Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. J Widya Kesehatan, 1(2), 39-43.

Santoso, H. B. (2008). Ragam & Khasiat Tanaman Obat. PT Agromedia Pustaka: Yogyakarta.

Sudewo, B. (2006). Tanaman Obat Populer. Agromedia Pustaka: Yogyakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)