BEBERAPA PEMICU ASAM URAT. WAJIB TAHU

 BEBERAPA PEMICU ASAM URAT. WAJIB TAHU

            Asam urat (gout) merupakan salah satu penyakit sendi yang di sebabkan oleh asam urat yang masuk kedalam sendi atau gangguan dari metabolisme purin. Jika kadar asam urat di dalam tubuh manusia melebihi batas normal maka asam urat yang diproduksi akan menumpuk pada jaringan tubuh khususnya kedalam sendi. Akibatnya , menimbulkan penumpukan Kristal asam urat pada daerah persendian sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa yang dirasakan oleh penderita. Pada dasarnya dalam keadaan normal beberapa hasil metebolisme tubuh dan salah satunya asam urat akan ikut terbuang melalui urin atau saluran ginjal. Sendi-sendi yang sering menjadi sasaran terjadinya asam urat, seperti: pangkal jari kaki, jempol jari kaki, pergelangan kaki, sendi lutut, tangan, siku, bahu dan sebagainya.

          Menurut Ali Khomsan (2006, p. 4) mengatakan gejala serangan asam urat ditandai dengan nyeri dan pembekakan pada salah satu ibu jari sampai kejari-jari lainnya. Biasanya, rasa nyeri yang hebat tersebut berlangsung selama 24 jam, selanjutnya, berangsung berkurang sampai menghilang dalam waktu 3-7 hari. Jika kadar asam urat pada serangan pertama tidak diturunkan menjadi normal, maka akan terjadi serangan berikutnya dan bersifat menahun. Nyeri yang disebabkan oleh asam urat mengakibatkan penderita kesulitan dalam bergerak dan akan mengganggu aktivitas setiap harinya. Tidak jarang, penderita mengalami depresi yang berlebih dikarenakan kualitas dan produktivitasnya menurun derastis. Yang harus diwaspadai adalah komplikasi dikemudian hari contohnya, timbulnya benjolan pada bagian persendian tertentu, kerusakan tulang dan sendi, batu ginjal, kerusakan ginjal dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

BEBERAPA PEMICU ASAM URAT

          Menurut Ali Khomsan (2006, pp. 5-6) menatakan gangguan asam urat dipicu oleh beberapa hal, berikut ini faktor resiko yang membuat seseorang terserang asam urat, yaitu:

1.     Senyawa Purin Berlebih

Purin merupakan senyawa yang akan di ubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Kadar asam urat meningkat karena asupan makanan tinggi purin seperti: seafood, jeroan, makanan kaleng dan kaldu daging.

2.     Genetik

Adanya riwayat asam urat dalam keluarga membuat resiko terjadinya asam urat menjadi lebih tinggi.

3.     Konsumsi Alkohol Berlebih

Alkohol merupakan penghambat pengeluaran asam urat didalam tubuh.

4.     Berat Badan Berlebih

Kondisi berat badan yang berlebih atau biasa disebut dengan gemuk dapat menyebabkan asam urat. Hal ini disebabkan lemak yang banyak terdapat pada tubuh orang yang gemuk yang mengakibatkan adanya hambatan pengeluaran asam urat melalui urin.

5.     Obat Tertentu

Jenis obat tertentu yang dikonsumsi jangka panjang ternyata dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Seperti diuretik (peluruh air kencing) dan aspirin (pencegah serangan jantung).

Baca Juga: Penyebab Rematik Sangat Bervariasi

6.     Gangguan Fungsi Ginjal

Pada dasarnya asam urat dikeluarkan oleh ginjal melalui urin, maka apabila fungsi ginjal terganggu maka pengeluaran asam urat akan terganggu.

7.     Usia

Penyakit asam urat lebih sering menyerang pria di atas umur 30 tahun. Hal ini diakibatkan karena pria memiliki kadar asam urat lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Kandungan asam urat pada wanita meningkat ketika setelah menopause.

8.     Penyakit Degeneratif (hipertensi, jantung, diabetes mellitus)

Beberapa ahli menyatakan pada dasarnya asam urat bukan merupakan penyakit pokok. Ia menjadi penyakit dari penyakit degeneratif. Jika asam urat tinggi perlu dicurigai adanya penyakit degeneratif.

9.     Kurang Minum

Kurang menum mengakibatkan pengedapan asam urat dan menghambat pengeluaran asam urat.

Baca Juga: Kandungan Zat Dalam Jahe Untuk Kesehatan

MAKANAN YANG MENGANDUNG BANYAK PURIN

          Menjaga pola makan sehat dan tidak berlebihan dalam memakan makanan yang mengandung banyak purin merupakan salat satu mencegah terjadinya asam urat, menurut Kertia (2009, pp. 9-10) mengatakan purin berasal dari makanan yang mengandung protein, contonya makanan yang mengandung banyak purin yaitu: jeroan, daging, kerang, udang, kepiting, kacang-kacangan, bayam, kangkung, kubis, durian, nanas, tape, alkohol dan salah satu penelitian membuktikan bahwa kopi juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Mengatasi Rematik Dan Asam Urat

PERHATIAN

Kadar normal asam urat dalam darah untuk pria, yaitu: 3,4 – 7 mg/dl. Sedangkan kadar normal asam urat dalam darah untuk wanita, yaitu: 2,4 – 6 mg/dl. Angka kisaran kadar asam urat dalam darah yang stabil adalah 5 mg/dl.

Baca Juga: Resep Terapi Jahe Untuk Beberapa Penyakit

Jangan Lupa Langganan (gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Ali Khomsan, Y. H. (2006). Terapi Jus untuk Rematik & Asam Urat: Niaga Swadaya.

Kertia, N. (2009). Asam urat: PT Mizan Publika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)