DAMPAK KEBAKARAN HUTAN

 

          Kebakaran hutan menjadi salah satu permasalahan yang sering diperdebatkan hingga saat ini. Mengapa, karena apabila terjadi kebakaran hutan akan berdanpak negative bagi manusia, hewan, tubuhan dan kesehatan bumi kita. Banyak sekali kerugian yang dirasakan apabila hutan mengalami kebakaran, sudah menjadi tugas kita sebagai mahluk hidup untuk merawat dan menjaga hutan agar tetap subur dan berkembang karena itu semua akan berdanpak postif bagi mahluk hidup contoh kecilnya yaitu pasokan udara/oksigen bersih akan selalu ada karena tumbuhanlah yang memproduksinya itu semua mengapa mahluk hidup masih hidup hingga saat ini. Tidak bisa dibayangkan apabila tumbuhan sudah tidak ada, bumi akan mengalami krisis dan perlahan rusak. Apabila kejadian kebakaran hutan telat ditangani kebakaran akan menjadi meluas sehingga menghasilkan kebakaran tajuk (crown fire) dimana kebakaran ini merusak tajuk pohon. Makadari itu dalam artikel kali ini akan membahas mengenai dampak apa saja yang terjadi apabila kebakaran hutan terjadi, karena apabila kita mengetahui dampak buruknya semoga semua orang lebih peduli dan sadar akan kelestarian hutan untuk kehidupan semua mahluk hidup dimasa yang akan datang.

DAMPAK KEBAKARAN HUTAN

1.     Bekurangnya Sumber Air Bersih

Pada saat kebakaran terjadi maka tumbuhan dan struktur tanah akan rusak, maka ketersediaan resapan/cadangan air dalam tumbuhan dan didalam tanah akan ikut rusak dan mengering perlahan demi perlahan.

2.     Bencana Kekeringan

Setelah dampak kekurangan air bersih dirasakan maka bertanda bahwa bencana kekeringan akan datang karena ketersediaan resapan air dalam tanah dan tumbuhan akan menghilang seiring berjalannya waktu.

3.     Kabut Asap

Dari dampak kebakaran juga akan menghasilkan kabut asap yang begitu tebal yang akan mengakibatkan terganggunya saluran pernafasan, jarak pandang dan aktivitas transportasi darat maupun udara.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Hutan

4.     Rusaknya Ekosistem

Akibat kebakaran hutan akan memusnakan kehidupan hewan dan tumbuhan yang tumbuh dan hidup di dalam hutan.

5.     Hutan Menjadi Gundul

Hal ini dapat menyebabkan tanah longsong maupun banjir.

6.     Dampak Global

Kebakaran juga akan berdampak secara global, karena negara tetangga yang mengalami kebakaran hutan akan ikut mengalami pencemaran udara dari asap kebakaran yang akan menimbulkan gangguan pernafasan dan gangguan aktifitas sehari-hari. Contohnya menurut Rasyid (2014, p. 47) mengatakan kejadian kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia pada tahun 1997-1998 dan 2002-2005 menghasilkan asap yang juga dirasakan oleh masyarakat Malaysia, singapura, dan Brunei Darusalam serta mengancam terganggunya hubungan transportasi udara antar negara.

7.     Kerugian Ekonomis

Dampak kebakaran hutan juga salah satunya yaitu kerugian ekonomis yaitu hilngnya manfaat dari potensi hutan seperti kebutuhan akan bahan bangunan, obat-obatan, sumber daya makanan dan kematian satwa secara masal yang akan merusak ekosistem mahluk hidup yang saling bergantung satu samalain.

8.     Kerugian Ekologis

Yaitu berkurangnya luas wilayah hutan, tidak tersedianya udara bersih yang dihasilkan oleh vegetasi hutan dan hilangnya fungsi hutan sebagai pencegah erosi dan ketersediaan air bersih.

Baca Juga: Perencanaan Dan Pengendalian Keuangan

9.     Kerugian Yang Ditimbulkannya

Menurut Tacconi (2003) mengatakan kebakaran hutan menjadi perhatian internasional sebagai isu lingkungan dan ekonomi khususnya setelah terjadi kebakaran besar diberbagai belahan dunia tahun 1997-1998 yang menghanguskan lahan seluas 25 juta hektar. Kebakaran tahun 1997-1998 mengakibatkan degradasi hutan dan deforestasi menelan biaya ekonomi sekitar US $1,6-2,7 Milyar dan biaya akibat pencemaran kabut sekitar US $674-799 juta. Kerugian yang diderita akibat kebakaran hutan tersebut kemungkinan jauh lebih besar lagi karena perkiraan dampak ekonomi bagi kegiatan bisnis di Indonesia tidak tersedia. Valuasi biaya yang terkait dengan emisi karbon kemungkinan mencapai US $2,8 Milyar.

Kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran hutan seperti kayu, kematian pohon, HTI, kebun, biaya pengendalian bangunan dan biaya-biaya yang terkait dengan kabut asap seperti pariwisata, trasportasi dan kesehatan.

10.                        Bencana Lain Akan Muncul

Menurut Rasyid (2014, p. 55) Mengatakan kebakaran hutan membawa dampak pada keanekaragaman hayati. Hutan yang terbakar berat akan sulit untuk dipulihkan, karena struktur tanahnya mengalami kerusakan. Hilangnya tumbuh-tumbuhan menyebabkan lahan terbuka, sehingga dengan mudah tererosi, dan tidak dapat lagi menahan banjir. Karena setelah hutan terbakar biasanya pada musim hujan akan terjadi bencana banjir diberbagai daerah yang hutannya terbakar.

Kerugian akibat banjir juga sulit diperhitungkan, hutan alam mungkin memerlukan ratusan tahun untuk tumbuh dan berkembang menjadi sitem yang rumit yang mengandung banyak spesies yang saling bergantung satu sama lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bullying, Wajib Diketahui

Jangan Lupa Langganan (gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Rasyid, F. (2014). Permasalahan dan dampak kebakaran hutan. J Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 47-59.

Tacconi, L. (2003). Kebakaran hutan di Indonesia: penyebab, biaya dan implikasi kebijakan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)