FUNGSI KARBOHIDRAT DI DALAM TUBUH

 

FUNGSI KARBOHIDRAT DI DALAM TUBUH

PENGERTIAN KARBOHIDRAT

            Yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan zat gizi yang sangat diperlukan oleh mahluk hidup yang berfungsi untuk menghasilkan energy bagi individu itu sendiri dalam beraktivitas setiap hari. Karbohidrat merupakan nama kelompok zat-zat organik yang mempunyai struktur molekul yang berbeda-beda meskipun terdapan persamaan-persamaan dari sudut kimia dan fungsinya. Karbohidrat terdiri atas unsur Carbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). makadari itu dalam artikel kali akan membahas apa saja Fungsi Karbohidrat Di Dalam Tubuh.

Baca Juga: Sumber Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

FUNGSI KARBOHIDRAT DI DALAM TUBUH

            Menurut Siregar (2014, p. 41) dalam artikel jurnal ilmiahnya mengatakan ada beberapa fungsi/tugas karbohidrat di dalam tubuh, yaitu:

1.      Sumber Energi

Satu gram karbohidran menghasilkan 4 kalori di dalam tubuh. Karbohidrat didalam tubuh sebagian berada dalam sirkulasi darah sebagai glukosa yang diperlukan tubuh untuk energy segera, dan sebagiannya lagi disimpan sebagai glikogen dalam hati dan otot, dan sebagiannya lagi diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energy dalam jaringan lemak. Sistem saraf sentral dan otak juga sangat membutuhkan sekali pada glukosa untuk keperluan energinya agar berfungsi dengan baik (Siregar, 2014).

2.      Memberikan Rasa Manis Pada Makanan

Tanpa disadari bahwa karbohidrat memberikan rasa manis pada setiap menu makanan kita untuk memberikan kenikmatan pada setiap individu makan. Khususnya monosakarida dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. Fruktosa adalah gula paling manis.

3.      Penghemat Protein

Protein akan digunakan sebagai sumber energy, apabila kebutuhan karbohidrat tidak terpenuhi di dalam tubuh, dan akhirnya fungsi protein sebagai zat pembangun sel-sel baru akan terkalahkan.

4.      Pengatur Metabolisme Lemak

Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi  lemak yang tidak sempurna.

5.      Membantu Mengeluarkan Feses

Karbohidrat membantu mengeluarkan feses dengan cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dan serat makanan mengatur peristaltik usus, sedangkan hemiselulosa dan paktin mampu menyerap banyak air dalam usus besar sehingga memberikan bentuk pada sisa makanan yang akan dikeluarkan. Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit diverticulosis, kanker usus besar, penyakit diabetes, mellitus dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar koresterol (Siregar, 2014).

Baca Juga: Jenis dan Sifat Vitamin Yang Larut Dalam Air dan Lemak

Baca Juga: Obat Stress Sangat Mudah Di Dapat

Jangan Lupa Berlangganan (Gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Siregar, N. S. (2014). Karbohidrat. J Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 38-44.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)