PENYEBAB KEBAKARAN HUTAN

          Apabila terjadi suatu kebakaran hutan di suatu wilayah mau itu kebakaran kecil ataupun kebakaran besar akan sangat merugikan sekali bagi manusia atau mahluk hidup lainnya, karena hutan merupakan salah satu jantung kehidupan dibumi ini. Satu pohon/tubuhan yang tubuh akan berdanpak positif bagi kehidupan mahluk hidup, apabila fungsi hutan hancur akibat kebakaran hutan maka pohon hutan yang biasa digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya akan bahan bangunan, bahan obat-obatan, bahan makanan, serta satwa untuk memenuhi kebutuhan akan protein hewani. kerugian lainnya berupa kerugian ekologis yaitu kekurangannya luas wilayah hutan, tidak tersediannya udara bersih yang dihasilkan vegetasi hutan serta hilangnya fungsi hutan sebagai pengatur tata air dan pencegah terjadinya erosi. Makadari itu untuk mengurangi terjadinya kebakaran hutan yang semakin luas kita harus mengetahui apa saja penyebab kebakaran hutan agar dapat di tangani lebih sigap dan mencegah lebih awal.

PENYEBAB KEBAKARAN HUTAN

1.     Faktor Alami dan Faktor Kegitan Manusia

Faktor manusia yaitu dipengaruhi oleh manusia yang tidak bisa mengontrol kepuasannya, contohnya seperti penebangan liar untuk kepentingan ekonomi pribadi, pembakaran hutan untuk lahan usaha pribadi dan sebaginya. Faktor alami ini di sebabkan oleh pengaruh EI-Nino yang menyebabkan kemarau kepanjangan yang akan menyebabkan tanaman menjadi kering dan mati. Yang ditakutkan apabila tanaman kering lalu terkena percikan api yang berasal dari batubara yang muncul dipermukaan ataupun dari pembakaran lain baik disengaja ataupun tidak disengaja. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kebakaran bawah (ground fire) dan kebakaran permukaan (surface fire).

2.     Faktor Iklim

Faktor iklim bisa dipengaruhi oleh kelembaban, angina, suhu, dan cuaca hujan turun menentukan kerawanan kebakaran. Apabila suhu menjadi tinggi terus menerus akibat sinar matahari akan menyebabkan bahan bakar mengering dan mudah terbakar. Pada dasarnya apabila sebuah hutan memiliki kelembaban yang tinggi (pada hutan dengan vegetasi lebat) dapat menjadi penghalang terjadinya kebakaran hutan dikemudian hari, angin juga dapat berpengaruh pada proses pengeringan bahan bakar dan apabila terjadi kebakaran angin juga menjadi salah satu faktor api cepat menyebar, sedangkan curah hujan berpengaruh besar kecilnya kadar air yang terkadang pada tahan dan tubuhan tersebut.

Baca Juga: Dampak Kebakaran Hutan

3.     Faktor Manusia

Menurut Rasyid (2014, p. 54) mengatakan beberpa hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab utama kebakaran hutan adalah faktor manusia yang berawal dari kegiatan atau permasalahan sebagai berikut:

a.     Sistem perladangan tradisional dari penduduk setempat yang berpindah-pindah.

b.     Pembukaan hutan dari para pemegang HPH (Hak Pengusaha Hutan) untuk industry kayu maupun perkebunan kepala sawit.

c.      Penyebab structural, yaitu kombinasi antara kemiskinan, kebijaka pembangunan, dan tata pemerintah sehingga menimbulkan konflik antar hukum adat dan hukum positif negara.

4.     Pembalakan Liar atau Illegal Logging

Kegiatan pembalakan liar sering banyak menghasilkan lahan-lahan yang krisis dengan tingkat kerawana kebakaran yang tinggi. Seringkali, api yang tidak terkendali secara mudah merambat ke area-area kritis tersebut. Illegal logging seringkali meningkatkan bahan bakar (daun, cabang dan ranting) yang semakin lama semakin menumpuk dalam kawasan hutan yang dalam musim kemarau akan mengering dan berpotensi sebagai penyebab kebakaran hutan (Rasyid, 2014, p. 50).

Baca Juga: Perencanaan Dan Pengendalian Keuangan

5.     Penyebab Lain

Penyebab lain yang sering terjadi dan mengakibatkan kebakaran hutan yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahayanya api. Biasanya bentuk kegiatan yang terjadi penyebab adalah ketidaksengajaan dari pelaku. Misalnya masyarakat mempunyai interaksi yang tinggi terhadap hutan, salah satu interaksi tersebuat adalah kebiasaan penduduk yang mengambil rotan di hutan tapi sambal merokok, yang ditakutkannya mereka membuang rokok yang masih menyala secara tidak sadar di kawasan hutan yang banyak sekali bahan bakar yang mudah terbakar, yang akhirnya akan menimbulkan kebakaran yang lebih luas lagi (Rasyid, 2014, p. 50).

Baca Juga: Penjelasan Sistem Informasi Akutansi

Jangan Lupa Langganan (gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Rasyid, F. (2014). Permasalahan dan dampak kebakaran hutan. J Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 47-59. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)