6 OLAHRAGA PALING POPULER DI DUNIA

6 OLAHRAGA PALING POPULER DI DUNIA

          Olahraga dari zaman dulu hingga zaman sekarang tetap menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian banyak orang. Olahraga juga pada dasarnya merupakan suatu aktivitas yang perlu dilakkan oleh mahluk hidup karena olahraga akan memberikan banyak sekali manfaat bagi individu yang melakukannya seperti, tubuh dan organ-organ tubuh menjadi lebih sehat, melatih kecepatan, kelincahan, kelentukan, kekuatan, mempererat persaudaraan dan komunikasi sosial, dan melatih kecerdasan otak dalam berfikir dan menyelesaikan sesuatu secara cepat dan tepat. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga paling populer di dunia yang dapat dilakukan dan di coba untuk anda dalam menyehatkan tubuh melalui olahraga, yaitu:

1.     Sepak Bola

Sepak bola dalam B. Inggris yaitu football atau Socce, merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan media bola sebagai alat permainannya. Menurut Mueller (1996) mengatakan memasuki abad ke-21, olahraga sepak bola telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara dan yang menjadikan olahraga sepak bola paling popular di dunia hingga saat ini. Cara memainkan permainan sepak bola yang mudah dan tidak terlalu banyak aturan dalam permainannya menjadi salah satu alasan orang-orang sangat menyukai permainan ini dan juga simple. Olahraga sepak bola dimainkan oleh 2 tim yan dimana masing-masing tim di mainkan oleh 11 orang yang terdiri dari penjaga gawang (goal keeper), pemain bertahan (back), pemain tengah (midfieder) dan penyerang (striker). Peralatan yang diperlukan untuk pemain untuk bermain bola yaitu sepatu sepak bola, kaos kaki, pelindung tulang kering, celana pendek, dan jersey. Waktu normal dalam sepak bola resmi yaitu 2x45 menit, ditambah dengan istirahat 15 menit diantara kedua babak. Jika kedudukan seri/imbang maka wasit akan diadakan perpanjangan waktu 2x15 menit hingga mendapakan pemenang, tetapi apabila score tetap imbang maka akan diadakan penalti untuk menentukan siapa yang memenangkan pertandingan.

Baca Juga: Penyebab Remaja Melakukan Bullying

2.     Basketball

Permainan basketball merupakan salah satu olahraga yang menggunakan media bola dan ring sebagai inti permainannya. Basketball dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah 5 orang. Score dalam permainan bola basket yaitu 1 poin untuk ketika lemparan bebas, 2 poin pemain yang mencetak atau memasukan bola didalam area dalam di pertahanan musuh, dan 3 poin untuk pemain yang memasuka bola di luar lingkaran tempat bertahan musuh. Menurut Anggoro (2011, p. 5) mengatakan permainan ini tidak sederhana seperti yang kita lihat dan kita harus mengingat sejumlah peraturan pada saat bermain. Namun, olahraga ini begitu populer dikalangan remaja dan apabila anda berbadan tinggi (walaupun tidak harus), bagus dalam membidik sasaran, dan mengetahui bagaimana cara lari yang benar maka olahraga ini cocok untuk anda. Permainan bola basket paling digemari oleh penduduk amerika serikat, eropa selatan, Lithuania, dan negara-negara lainnya. Saat ini permainan bola basket telah menyebar ke seluruh dunia dan sebagian pendidikan disekolahpun terdapat pembelajaran basket maka tidak heran apabila olahraga basket sangat digemari oleh beberapa orang yang menyukainya. Kompetisi dalam olahraga basketpun sering dilakukan contohnya seperti National Basketball Association (NBA) Amerika Serikat, British Basketball League (BBL) inggris, Indonesia Basketball League (IBL) Indonesia. Induk organisasi dalam basketball yaitu FIBA (Federation Internasional Basketball) dan untuk organisasi di Indonesia yaitu PERBASI (persatuan bola basket seluruh Indonesia).

3.     Bola Voli

Bola voli atau dalam b. inggris yaitu volleyball adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim, yang dimana masing-masing tim memili 6 pemain, dan berlomba-lomba untuk mencapai 25 poin terlebih dahulu. Dalam sebuah tim terdapat 4 peran penting yaitu, tosser, spiker, libero, defender. Tosser bertugas untuk mengumpan kepada rekan tim untuk melakukan serangan/bertugas juga dalam mengontrol bola, spiker bertugas untuk melakukan serangan kepada musuh dengan melakukan smash, libero bertugas untuk pemain bertahan yang bisa bebas keluar masuk, dan defender adalah pemain bertahan untuk menerima serangan dari lawan. Pada awal penemuannya, permainan bola voli diberi nama mintonette. Olahraga ini ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). Menurut Anggoro (2011, p. 4) mengatakan olahraga bola voli termasuk salah satu olahraga yang mudah untuk dimainkan karena yang dibutuhkan adalah koordinasi antara mata dan tangan serta memiliki pergelangan tangan yang kuat. Lebih dari 900 juta orang di seluruh dunia memainkan olahraga ini ataupun menonton olahraga ini. Varian dari olahraga ini yaitu voli pantai dan menjadi olahraga populer di area pantai.

Baca Juga: Peran Vitamin D Untuk Kesehatan Jasmani

4.     Renang

Olahraga renang yaitu suatu gerakan yang berpindah tempat secara struktur di dalam air dengan menggunakan tangan dan kaki. Dalam perlombaan renang terdapat 4 gaya yang diperlombakan yaitu gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu. Perlombaan renang dimulai di eropa sekitar tahun 1800, sebagaian perenang renang mengunakan gaya dada dan renang menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Menurut Anggoro (2011, p. 6) mengatakan jika anda mengetahui cara berenang anda dapat membentuk tubuh dan bersenang-senang pada saat bersamaan. Sangat mudah sekali belajar renang dan banyak sekali manfaat yang terkandung dalam olahraga renang untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Obat Stress Sangat Mudah Di Dapat

5.     Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau nama lainya Badminton merupakan salah satu olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock sebagai alat bermainnya, bulu tangkis dimainkan oleh single/tunggal dan ganda. Bulu tangkis bertujuan untuk memukul shuttlecock untuk melewati jarring/net di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan yang sama. Dalam permainan bulu tangkis pemain berlomba-lomba untuk memperoleh poin 21 untuk memenangkan setiap set dalam pertandingan. Apabila pemain ingin memenangkan pertandingan dia harus memenangkan 2 set secara langsung. Bulu tangkis menjadi olahraga populer di dunia, terutama diwilayah asia timur dan tenggara.

6.     Tenis Lapangan

Tenis pada dasarnya dimainkan oleh satu/single pasangan dan ganda. Alat yang terpenting di Olahraga tenis yaitu raket dan bola tenis. Tujuan permaian ini adalah untuk mempermainkan bola agar lawan tidak bisa mengembalikan bola tersebut. Tenis merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade dan dimainkan oleh tingkat masyarakat di segala usia. Menurut Anggoro (2011, p. 6) mengatakan banyak orang merasa bahwa olahraga tenis sangat membosankan untuk ditonton, tapi tidak kurang dari 1 miliyar penduduk dunia tidak setuju akan hal itu dan menonton kejuaraan tenis Wimbledon dan prancis terbuka dari tahun ketahun. Tenis juga seringkali dianggap sebagai olahraga berkelas dan elegan sehingga banyak kaum elit di amerika dan eropa memainkan olahraga ini.

Baca Juga: Manfaat Madu Vs Radikal Asap Rokok

Jangan Lupa Langganan (Gratis) dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, D. (2011). Top 10 di Dunia Olahraga: BE CHAMPION.

Mueller, F. O. C., R.C. Van Camp, S.P. (1996). Catastrophic Injuries in High School and College Sports: Human Kinetics.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)