CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA EFEKTIF

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

Jerawat dalam Bahasa inggris disebut dengan acne. Hampir semua orang ingin memilki kulit wajah yang sehat, lembab, bersih dan tentunya tampa adanya jerawat dan kotoran yang menempel. Tetapi dari sekian masalah kulit, jerawat menjadi masalah yang paling membuat sebagian orang kesal dan mengganggu, bisa karena rasa sakit/perih yang ditimbulkan akibat jerawat ataupun rasa tidak percaya diri apabila berinteraksi ditempat umum. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan produksi kelenjar minyak (sebaseus gland) sehingga menimbulkan produksi minyak berlebih, keadaan inilah yang memicu timbulnya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang paling sering timbulnya jerawat yaitu pada muka, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan jerawat dapat tumbuh juga di bagian-bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan. Jerawat juga dapat disebabkan karena faktor genetic (Mumpuni & Wulandari, 2010). Biasanya jerawat dialami orang orang usia 12-25 tahun. Namun, apabila tidak diatasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun (Mayuna, 2013).

Baca Juga:Jenis-Jenis Kulit Wajah

PENYEBAB TIMBULNYA JERAWAT

Menurut Kusantati (2008, p. 70) mengatakan jerawat dapat terjadi dikarenakan kulit berminyak. Kulit berminyak banyak dialami oleh orang-orang yang tinggal didaerah tropis, dikarenakan akibat sinar matahari yang terlalu panas sehingga kelenjar minyak (sebaseus gland)  sangat produktif dan tidak mampu mengontrol jumlah minyak yang harus dikeluarkan. Selain itu juga dapat disebabkan oleh debu dan kotoran yang berasal dari luar atau polusi udara yang menempel di kulit berminyak, yang kemudian akan masuk kedalam pori-pori kulit. Kotoran tersebut akan menumpuk bersama sel-sel kulit mati yang akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan kuman sangat menyenangi daerah tersebut dan pada akhirnya timbullah jerawat.

Sebagai pengetahuan bahwa bakteri jerawat itu disebut dengan Propionibacterium acnes atau P. acnes yaitu anggota flora kulit dan selaput lendir manusia. P. acnes ikut serta dalam fotogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase, yang memecahkan asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat menimbulkan radang jaringan dan ikut menimbulkan jerawat (Mumpuni & Wulandari, 2010).

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

1.     Daun Sirih Merah

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sukmawati (2016, pp. 40-41) menyimpulkan bahwa daun sirih merah lebih efektif dalam mengurangi jerawatnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengunakan daun sirih merah, selama 7 hari pengobatan dengan daun sirih merah akan mengalami perubahan kearah penyembuhan dalam jerawatnya. Sirih merah dapat digunakan 2-3 lembar daun saja setelah itu daun di tumbuk dan ditetesi air hangat ½ sendok untuk mengambil sarinya, setelah itu balurkan sirih pada wajah dan tunggu hingga 1-2 jam hingga kering lalu cuci muka mengunakan air hangat, gunakan sirih ini dua kali sehari atau sebelum mandi. Luka jerawat akan mulai hilang pada 7-10 hari.

Adapun menurut Mahfud (2013) mengatakan untuk mendapkan manfaat daun sirih dalam mengurangi jerawat hendaknya dikalukan dengan rutin dan juga disertai dengan menjaga kebersihan wajah. Gunakan ramuan sirih ini dengan mengambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu tubuk hingga halus, dan kemudian gunakan seduhan daun sirih tersebut untuk mencuci muka, dan untuk hasil maksimal maka lakukan 2 kali sehari.

2.     Perasan Air Jeruk Nipis

Menurut Mumpuni and Wulandari (2010) mengatakan air dari jeruk nipis yang sangat masam mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Jerawat dapat terjadi karena PH kulit dalam kondisi basa. Air perasan jeruk nipis yang masam tersebut dapat mengendalikan PH kulit dalam kondisi basa (asin) menjadi PH asam, PH asam tersebut dapat menyebabkan bakteri P. acnes (bakteri jerawat) tidak dapat bertahan hidup. Selain dapat menyembuhkan jerawat, vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekul bagus untuk mencerahkan warna kulit, dengan demikian air perasan jeruk nipis dapat menjadi obat tradisional dan alami dalam proses penyembuhan jerawat. Oleskan perasan air jeruk nipis secukupnya pada area yang bermasalah.

Baca Juga: Jenis dan Manfaat Hydrotherapy

3.     Madu

Selain bahan-bahan diatas bahwa madu juga dapat menjadi solusi yang alami untuk penyembuhan jerawat. Menurut Aden (2010) mengatakan madu dapat menyembuhkan jerawat, manfaat madu untuk kecantikan yaitu madu melembutkan bibir, melembabkan dan mencerahkan bibir mengering atau pecah-pecah, madu bisa menghilangkan jerawat, madu menghilangkan noda dan flek hitam diwajah dan mencegah kulit keriput. Kandungan madu kurang lebih terdapat magnesium, kalium, potassium, sodium, klorin, sulfur, besi, fisfat, vitamin E, Vitamin C, dan juga vitamin B1 B2 dan B6. Dengan kandungan yang baik dalam madu maka berpengaruh baik pada kulit. Madu bisa digunakan sebagai masker wajah dengan terartur dan jangan berlebihan.

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Aden, R. (2010). Manfaat & Khasiat Madu Keajaiban Sang Arsitek Alam. J Yogyakarta: Hanggar Kreator.

Kusantati, H. (2008). Tata Kecantikan Kulit Untuk SMK Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Mahfud, Y. (2013). Tanaman-tanaman hias ajaib untuk kecantikan dan kesehatan. Yogyakarta: Buku Biru.

Mayuna, N. E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Madu Dan Air Perasan Jeruk Nipis Terhadap Penyembuhan Jerawat. J Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Mumpuni, Y., & Wulandari, A. (2010). Cara Jitu Mengatasi Jerawat. . Jogjakarta: Andi.

Sukmawati, E. (2016). Efektivitas penggunaan daun sirih merah untuk mengurangi jerawat pada remaja. J Global Health Science, 1(1), 36-42.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)