CARA MERAWAT WAJAH SESUAI JENIS KULIT

CARA MERAWAT WAJAH SESUAI JENIS KULIT

Kulit pada dasarnya merupakan salah satu bagian pada tubuh yang berada paling luar yang membukus seluruh tubuh dan juga kulit menjadi lapisan pertama yang melindungi organ-organ dalam dari radikal bebas, kuman, bakteri dan lainnya. Dari keseluruhan kulit yang ada pada tubuh manusia, kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sensitive diantara jenis kulit lainnya. Biasanya kulit wajah menjadi salah satu bagian terpenting bagi manusia karena berhubungan dengan kecantikan dan good looking yang dilihat mata pertama kali. Permasalahan pada kulit yang sering terjadi yaitu kulit kering, berminyak, kulit berjerawat, kulit sensitive dan lainnya. Pada dasarnya kulit wajah maupun bagian kulit lainnya memiliki anatomi yang sama, yaitu terdiri dari epidermis, dermis, dan subkutan, tetapi struktur dan sensitive kulit setiap orang berbeda-beda.

KULIT NORMAL

Menurut Susanti (2015, p. 4) mengatakan kulit normal adalah kulit dengan tekstur lentur dan kenyal. Pada kulit normal terdapat kelenjar minyak yang disebut sebaceous gland yang mengeluarkan minyak dengan seimbang, tidak kekurangan maupun tidak berlebihan. Ciri-ciri kulit normal yaitu segar, bercahaya, lebut, lembab, mulus, halus, elastis dan tidak terlihat minyak yang berlebihan dan juga tidak terlihat kering.

Meskipun jenis kulit normal biasanya mudah dirawat, tetapi individu harus tetap mengetahui jenis perawatan dan kebiasaan apa yang harus di hindari dan diperlukan dalam beraktivitas setiap hari agar kulit tetap terjaga dan sehat. Masalah-masalah yang sering terjadi pada kulit normal, yaitu keriput, tampak lelah, kusam, penuaan dini serta penumpukan kulit mati dan kotoran pada kulit. Apabila penumpukan kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan infeksi atau bisa juga timbulnya jerawat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Efektif

MERAWAT WAJAH SESUAI JENIS KULIT

Menurut Novita (2013) ada beberapa tips dalam merawat kulit berdasarkan jenis kulit dan jenis masalah pada kulit yaitu:

Kulit Berminyak

Jika kulit wajah anda tergolong berminyak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan mengatasinya, diantaranya:

1.     Kulit berminyak harus sering dibersikan untuk menghilangkan minyak yang berlebihan yang menempel dipori-pori kulit dan menyumbatnya karena pada minyak yang berlebih yang menempel di pori-pori kulit akan menyebabkan tempat menempelnya kotoran dan debu yang mengakibatkan kulit tidak indah dipandang. Harus dipahami bahwa kulit berminyak sangat berpotensi terserang bakteri dan kuman sehingga menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat dan bisul. Jadi, bersikanlah wajah anda minimal 3 kali sehari, khususnya sehabis berpergian, siang hari dan sebelum tidur.

2.     Pori-pori kulit berminyak senderung melebar sehingga berpotensi menimbun lemak berlebih. Untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar lemak, gunakan perasan jeruk mipis. Sebaiknya, gunakan perawatan dengan jeruk mipis secara rutin.

3.     Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan minyak berlebih pada kulit. Kurangin mengonsumsi coklat, makanan yang banyak mengandung bumbu rempah, makanan pedas, makanan yang digoreng dan makanan yang bersantan.

4.     Pada saat membersikan wajah lakukan sedikit pijatan pada wajah, peeling, dan facial.

5.     Untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengangkan kotoran, dan mengurangi minyak berlebih pada kulit, lakukan pengupan pada wajah. Caranya, ambil sebuah wadah, lalu isi dengan air mendidih, letakan wajah dengan sedikit jarak bada air mendidih dengan handuk tertutup disekitar kepala sehingga uap terkonsentrasi pada wajah (Novita, 2013).

    Baca Juga: Jenis-Jenis Kulit Wajah


Kulit Kering

Jika kulit anda tergolong kulit yang kering, anda harus memperhatikan beberapa hal agar kulit tetap terjaga dan sehat, yaitu:

1.     Jangan sembarangan mengunakan sabun untuk mencuci wajah karena bisa mengurangi kadar minyak yang mengakibatkan kulit menjadi tambah kering. Sebaiknya gunakan sabun muka yang mengandung minyak zaitun dan gliserol.

2.     Jangan mengunakan air hangat dalam mencuci mukan karena akan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Cukup gunakan air biasa yang segar.

3.     Jika kulit mengalami kekeringan yang cukup parah. Hindari penggunaan sabun biasa dalam mencuci wajah. Gunakan pembersih wajah yang mengandung susu untuk menutrisi kulit.

4.     Dibanding dengan jenis kulit lain, kulit kering cenderung memerlukan maskery yang bekerja menghaluskan kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Gunakan masker satu minggu sehali.

5.     Dalam keadaan kering, biasanya kulit akan terjadi pengerutan pada kulit. Untuk menyikapi masalah tersebut gunakan minyak zaitun atau griserol setiap sore atau sehabis mandi. Air mawar dapat digunakan untuk mengurangi bau dari griserol.

6.     Untuk individu dengan kulit kering usahakan minum air putih dengan jumlah cukup. Banyak-banyaklah mengonsumsi buah dan sayur (Novita, 2013).

Kulit Kering dan Berminyak

Untuk melakukan perawatan wajah terhadap kulit jenis ini diperlukan penggabungan antara perawatan untuk kulit berminyak dan dan kulit kering.

1.     Saat membersikan wajah, lebih berfokus pada bagian babagian kulit yang berminyak di bandingkan dengan kulit yang kering.

2.     Konsentrasikan penggunaan pelembab minyak zaitun pada bagian kulit yang kering, bukan bagian kulit yang berminyak.

3.     Konsentrasikan penggunaan jeruk mipis pada bagian kulit yang berminyak, bukan pada bagian kulit yang kering (Novita, 2013).

    Baca Juga: Bawang Merah Untuk Terapi Penyakit

Kulit Normal

Jikan kulit anda tergolong pada kulit yang normal. Meski begitu, jangan berlebihan dalam menggunakan sabun wajah agar kulit tidak menjadi kering. Cukup bersikan wajah sehari dua kali, ketika mandi pagi dan sore, dengan sabun khusus mukan yang baik atau ramuan pembersih khusus. Berhati-hati dengan penggunaan sabun atau kosmetik yang mengandung kimia karena akan membahayakan kulit (Novita, 2013).

Kulit Sensitif

Apabila kulit anda tergolong kulit yang sensitive maka anda perlu lebih berhati-hati. Perhatikan hal-hal berikut dibawah ini:

1.     Hindari pemakaian bedak dan kosmetik lain jika tidak cocok dengan kulit, yang justru akan menimbulkan iritasi, rasa gatal dan bitnik-bintik.

2.     Hindari konsumsi makanan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitive seperti seafood.

3.     Hindari bahan-bahan kosmetik dan night cream yang bersifat mengelupas kulit karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitive.

4.     Gunakan produk kosmetik berlebel “untuk kulit sensitive” atau bisa juga berkonsultasi kepada dokter agar dapat diperiksa dan dokter dapat meresepkan sesuatu yang baik untuk kulit anda.

5.     Gunakan penyegar yang tidak mengandung alkohol karena produk yang mengandung alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitive. Sebaiknya, pilih penyegar yang mengandung lavender.

Itulah beberapa tips dan penjelasan untuk merawat kulit berdasarkan jenis kulit menurut (Novita, 2013).

Baca Juga: Manfaat Olahraga Renang Sebagai Terapi

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Novita, W. (2013). Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah: Gramedia Pustaka Utama.

Susanti, S. (2015). 500 Rahasia Cantik Alami Bersih & Bercahaya: Gramedia Widiasarana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)