MASALAH DAN SOLUSI DALAM BELAJAR

 

(Seorang Anak Sedang Belajar)

MASALAH DAN SOLUSI DALAM BELAJAR

DEFINISI MASALAH DALAM BELAJAR

Masalah dalam belajar merupakan suatu kondisi tertentu yang di alami oleh murid dan penghambatan dalam pembelajaran pelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak didik dalam kehidupan sehari hari dalam kaitannya dengan aktivitas proses belajar. Perbedaan individu yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar di kalangan anak didik ataupun siswa tidak dapat belajar sebagaimanan mestinyaa. Itu semua yang menyebabkan masalah dalam belajar.

 Baca Juga: Media Pembelajaran Secara Umum

Menurut para ahli dalam buku Safari (2015) yang berjudul “Psikologi Pendidikan” memaparkan definisi masalah belajar, sebagai berikut:

a.       Menurut Hilgard dan bower dalam bukunya Theories of learning yang di kutip oleh Ngalim Purwanto, belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseoran terhadap sesuatu situasi tertentu yang di sebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam suatu situasi.

b.      (Anita E, Wool Folk, 1995 : 196 ), “belajar adalah proses perubahan pengetahuan atau perilaku sebagai hasil dan pengalaman. Pegalaman ini terjadi melalui interaksi antara individu dan lingkungannya.”

c.       ( Garry dan Kingsley, 1970 : 15 ) “ belajar adalah proses tingkah laku ( dalam arti luas ), di timbulkan atau diubah melalu praktek dan latihan “

d.      Gagne ( 1984 : 77) “belajar adalah suatu proses dimana suatu organisasi berubah prilakunya akibat sebagai akibat pengalaman”.

 

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR

Menurut Safari (2015) mengatakan Faktor-faktor penyebab kesulitan dalam belajar dapat di golongkan dalam dua golongan yaitu sebagai berikut:

1.     Faktor internal (faktor dari dalam diri manusia itu sendiri) yang meliputi:

a.     Sebab yang bersifat fisik

-         Karena sakit

Sesorang yang sakit akan kehilangan fisiknya, sehingga saraf sensorik dan motoriknya lemah, akibat rasangngan yang di terimanya tidak bisa di sampaikan ke otak.

-         Karena kurang sehat

Anak yang kurang sehat akan mengalami kesulita dalam belajar, karena dia sudah cape, ngantu, dan pusing dll itu semua akan menggangu konsentrasi dia dalam beajar

-         Sebab karena cacat tubuh

         Cacat tubuh di bedakan atas cacat tubuh ringan dan tetap atau serius.

b.     Sebab-sebab kesulitan belajar karena rohani

-         Intelegensi

Anak yang IQ-nya tinggi dapat menyelesaikan segala persoalan yang di hadapi. Jadi semakin besar IQ-nya seseorang maka akan semakin cerdas pula.

-         Bakat

Bakat adalah potensi dasar yang di dapat sejak lahir, setiap individu memiliki bakat yang berbeda-beda.

-         Minat

Tidak adanya minat seseorang anak terhadap sesuatu pelajaran akan timbul kesulitan dalam belajar, karena belajar apabila tidak ada niat tidak akan berjalan dengan baik.

-         Motivasi

motivasi sebagai faktor batin berfungsi mendasar,mengarahkan pembuatan belajar. Motivasi akan menentukan beberapa dia akan sukses apabila motivasinya semakin besar maka ke suksesan dia akan semakin besar juga.

-         Faktor kesehatan mental

Dalam belajar tidak hanya menyangkut segi intelek, tetapi menyangkut dalam segi mental dan emosional. Hubungan kesehatan dengan mental adalah timbal baik , apabila mental dan emosinya baik maka akan menimbukan belajar yang baik juga.

Baca Juga: Pendidikan Jasmani Secara Umum

2.     Faktor eksternal (faktor dalam luar) meliputi:

a.     Faktor keluarga

Kelurga merupakan pusat pendidikan yang utama dan pertama.karena dalam keluarga khususnya keluarga itu terdapat cara mendidik anak dan memperhatikan pendidikan anaknya,ketikan orang tua yang bersifat kejam,otoriter akan menimbulkan sikap yang yang tidak baik pada anainya dan akan menimbulkan hubungan yang tidak baik dengan orang tuanya.

b.     Faktor sekolah

Khusunya sikap terhadap guru,mata pelajaran dan pengertian degan kemajuan mereka sendiri.

          Bagaiman sikap murid terhadap guru ini juga mempengaruhi belajarnya.murud yang benci terhadap gurunya maka dia akan tidak akan benar dapam belajarnya. Disinih perlu di perhatikan sikap guru terhadap muridnya. Sikap mengenal muridnya, mengenal murudnya itu adalah salahsatu agar murid senang belajar dengan guru tersebut.

c.      Lingkungan sosial

-         Teman bergaul

-         Lingkungan tetangga

-         Aktifitas dalam masyarakat

 

(Seorang Remaja Sedang Belajar Menggunakan Teknologi)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MASALAH BELAJAR

Menurut Safari (2015) ada beberapa faktor penyebab masalah dalam belajar, yaitu:

a.     Ciri kognitif

Ciri kognitif ini siswa tersebut bermasalah dalam penglihatan, maksudnya penglihatan di sinih siswa kurang dalam perhatian, ingatan,pemikiran dan pengolahan .jadi siswa tersebut sangat usah dalam mengolah suatu informasi yang dia dapat dari seorang gurunya untuk di cerna dan di pahami.

b.    Ciri akademik

Ciri akdemik ini seswa tersebut bermasalah dalam membaca,lisan,menulis dan menghitung,  seswa tersebut sangat lemah dalam bidang tersebut bisa di katang lambat dalam mempelajarinya.

c.      Ciri sosial dan emosi

Memahami ciri sosial dan emosi adalah sama dengan kita memahami ciri kognitif dan ciri akademik. Misalnya dalam sosial ,siswa tersebut bermasaah dalam tidak bisa beradaptasi pada lingkungan barunya, susah dalam bergaul . ciri emosi ,siswa tesebut bermasalah tidak bisa mengontrol emosi negatifnya yang bisa mengganggu dalam belajar.

d.    Ciri tingkah laku

Tingkah laku sangat penting dalam siswa kaena tingkah laku mencerminkan kepribadian seseorang , permasalah dalam tingkah laku siswa yaitu : siswa sering tidak mengikuti apa yang di perintahkan oelah gurunya, mudah persinggung, selalu aktif dan resah. Itu semua akan mempegaruhi proses dalam belajar.

 

UPAYA-UPAYA MENGANGULANGI MASALAH BELAJAR

1.     Harus mengenal karakter dan kebiasaan pada anak,apakah anak itu senang atau resah(kesal).

2.     Coba sediakan tempat yang tenang dan nyaman dalam belajar.

3.     Mengidentifikasi siswa yang perkirakan mengalami kesulitan dalam belajar.

4.     Mengalokasikan letaknya permasalah tersebut.

5.     Mengalokasikan jenis faktor dan sifat yang menyebabkan masalah tersebut.

6.     Memperkirakan cara alternatif pertolongan.

(Safari, 2015)

 

KESIMPULAN

Masalah dalam belajar merupakan suatu kondisi tertentu yang di alami oleh murid dan penghambatan dalam pembelajaran pelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak didik dalam kehidupan sehari hari dalam kaitannya dengan aktivitas proses belajar. Perbedaan individu yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar di kalangan anak didik ataupun siswa tidak dapat belajar sebagaimanan mestinyaa. Itu semua yang menyebabkan masalah dalam belajar.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Safari, I. (2015). Psikologi Pendidikan. PGSD Penjas Kampus Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)