MANFAAT MINYAK ZAITUN SANGAT LUAR BIASA

 

(Minyak Zaitun)

MANFAAT MINYAK ZAITUN SANGAT LUAR BIASA

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak atau lemak yang dihasilkan dari sebuah proses penggilingan buah zaitun agar menghasilkan minyak atau lemak. Minyak zaitun menjadi salah satu minyak tradisional yang berasal dari wilayah Mediterania dan bahkan menjadi salah satu bahan untuk kesehatan, terutamanya untuk kesehatan sejak zaman romawi kuno.

Para peneliti kesehatan percaya bahwa minyak zaitun dapat membantu menyeimbangkan lemak tubuh seseorang dan dapat mencegah penyakit jantung lewat penjagaan atas tekanan darah. Yang dimana menurut Jean Carper, dalam Orey (2008, p. 5) menjelaskan Jean Carper adalah seorang ahli kesehatan dan gizi menjelaskan sebuah reset-reset terbaru di Italia mengungkapkan bahwa minyak zaitun mengandung banyak antioksidan, mirip dengan yang terdapat dalam teh dan anggur merah, yang dapat menangkal penyakit jantung, termasuk timbunan kolesterol LDL dalam pembulu darah. Selain itu minyak zaitun juga dikenal dapat meredakan demam dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Bawah Merah Untuk Terapi Penyakit

MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN

Dibawah ini beberapa hasil penelitian manfaat minyak zaitun yang sangat luar biasa dan dapat membantu menurunkan resiko gangguan kesehatan dan penyakit untuk segala usia (Lin, Zhong, & Santiago, 2018; Orey, 2008; Rahmani, Albutti, & Aly, 2014), sebagai berikut:

1.     Melawan Kanker

Menurut para peneliti di Copenhagen University Hospital di Denmark menemukan bahwa minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel, hal yang dapat memicu pertumbuhan kanker. Selama tiga minggu, 182 pria sehat antara usia 20 dan 60 dari lima negara eropa mengonsumsi sekitar seperlima cangkir minyak zaitun setiap hari. Kesimpulan dari penelitian tersebut, terdapat pengurangan sebesar 13% dalam tingkat kerusakan sel. Fenol adalah zat yang diperkirakan bertugas sebagai anti-oksidan kuat sebagai pencegah penyakit. Asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal utama dalam minyak zaitun, mungkin merupakan pendamping fenol untuk menjadi dua unsur utama penurun resiko berkembangnnya kanker kulit, payudarah dan usus (Orey, 2008, p. 61; Rahmani et al., 2014).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Efektif

2.     Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Riset menunjukan bahwa asupan minyak zaitun harian menurunkan resiko segala macam penyakit jantung, termasuk serangan jantung. Minyak zaitun terbukti memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah dan mengatur kolesterol dengan menekan jenis yang jahat (LDL) sambal mempertahankan kolesterol baik (HDL). Menu dan cara hidup sehat adalah segala kunci dalam pertempuran mencegah penyakit jantung baik untuk laki-laki maupun perempuan, demikian menurut American heart association. Para ahli di eropa menemukan minyak zaitun virgin mungkin dapat membantu menurunkan tingkat resiko serangan jantung karena kandungan senyawa anti-oksidan nabati yang tinggi, menurut sebuah riset yang pernah diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine (Orey, 2008; Rahmani et al., 2014).

(Buah Zaitun)

3.     Mencegah Munculnya Diabetes

Diperkirakan bahwa minyak zaitun dapat memangkas jumlah kolesterol jahat, disamping trigliserida yang merupakan penyusun lemak tubuh. Pada gilirannya, hal ini dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit gula tipe 2 yang dapat dikendalikan dengan melakukan perubahan menu makan dan cara hidup. Minyak zaitun juga dapat menurunkan tingkan gula darah anda. Karena minyak zaitun sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh tunggal (Orey, 2008).

4.     Meredakan Rasa Nyeri

Riset menunjukan bahwa minyak zaitun mengandung satu bahan kimia, oleokantal, yang dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat-obatan anti radang yang lainnya. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk membantu menyembuhkan luka robek, luka lecet dan gangguan kulit lainnya yang beresiko radang, bengkak, memar, dan nyeri. Minyak zaitun juga dapat dikonsumsi sebagai menu makanan harian anda karena akan memperkuan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Karena dalam minyak zaitun terkandung omega-3 dapat membantu mengurangi radang penyebab rasa nyeri (Orey, 2008).

5.     Memperkuat Tubuh Dalam Melawan HIV

Satu senyawa yang disebut asam maslinat (satu produk alami yang disarikan dari minyak buah zaitun mengkal) diperkirakan dapat memperlambat penyebaran HIV. Para peneliti di university of Granda percaya bahwa minyak zaitun mengkal dapat menciptakan penurunan penyebaran AIDS dalam tubuh sampai 80%. Produk ini menghambat serin-protease (sebuah enzim yang dipergunakan HIV untuk menyebarkan infeksi ke seluruh tubuh). Sertakan minyak zaitun dalam menu makan yang berimbang dan kaya gizi untuk mempertahankan kemampuan sistem kekebalan tubuh anda dan mencegah infeksi (Orey, 2008).

6.     Mencegah Kropos Tulang

Polifenol utama dalam minyak zaitun (oleuropein) dapat mencegah kropos tulang yang disertai radang. Minyak zaitun juga dapat diperkirakan membantu penyerapan kalsium dan mencegah keropos tulang, bahkan dapat memperbaiki kerusakan tulang yang ditimbulkan oleh osteoporosis. Jika menu anda kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil dari tulang anda. Ini akan memperlemah kerangka tulang anda dan dapat menimbulka kerapuhan tulang. Lemak seperti yang terdapat dalam minyak zaitun diperlukan untuk kelancaran metabolisme kalsium dan merupakan unsur esensial dalam tulang rawan dan tulang keras, demikian menurut para pakar gizi (Orey, 2008).

Baca Juga: Fungsi Bersin dan Bahaya Menahan Bersin

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Lin, T.-K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2018). Anti-inflammatory and skin barrier repair effects of topical application of some plant oils. J International journal of molecular sciences, 19(1), 70.

Orey, C. (2008). Khasiat Minyak Zaitun: PT Mizan Publika.

Rahmani, A. H., Albutti, A. S., & Aly, S. M. (2014). Therapeutics role of olive fruits/oil in the prevention of diseases via modulation of anti-oxidant, anti-tumour and genetic activity. J International journal of clinical experimental medicine, 7(4), 799.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)