10 MANFAAT BUAH TIN BAGI KESEHATAN

(Buah Tin)

 10 MANFAAT BUAH TIN BAGI KESEHATAN

Nama “Tin” diambil dari Bahasa arab, selain itu juga dikenal dengan nama “Ara” (pohon ara atau buah ara”, sedangkan dalam Bahasa inggris disebut buah “fig”. Buah tin merupakan salah satu sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang sering ditemui di wilayah asia barat.

Buah tin kaya akan gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral. Vitamin yang terdapat dalam buah tin antara lain Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, dan Vitamin B Kompleks. Kandungan mineral dalam buah tin antara lain kalium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, zinc, sodium, kalsium, dan selenium. Tidak hanya itu saja buah tin juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid dalam buah tin merupakan beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Baca Juga: Manfaat Protein dan Lemak Bagi Tubuh

MANFAAT BUAH TIN

Menurut Suryana (2018, p. 599) menjelaskan beberapa manfaat buah tin bagi tubuh dan kesehatan, yaitu:

1.     Bagus Untuk Tulang

Kandungan kalsium sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Kandungan kalsium dalam buah tin mencegah keropos tulang.

2.     Asam Urat

Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.

3.     Asma atau Kesehatan Saluran Pernafasan

Membantu pernafasan bagi penderita asma. Masalah lainnya seperti flu, bantuk dan bronchitis dapat diredakan oleh buah tin. Buah tin dapat melembabkan selaput lendir dalam sistem pernafasan sehingga dapat membantu mengeluarkan dahak yang menggangu sistem pernafasan.

4.     Tekanan Darah

Buah tin menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.

5.     Kanker Prostat

Buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

6.     Pengganti Susu

Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang di konsumsi sebagai pengganti susu sapi.

7.     Kolesterol

Buah tin dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan kada kolesterol dalam darah karena mengandung trigliserida.

(Pohon dan Buah Tin)

8.     Membantu Tidur

Buah tin dapat membuat tidur lebih nyaman dan menghindarkan insomnia karena mengandung tryptophan. Seperti yang terkandung dalam coklat.

9.     Menjaga Kesehatan Jantung

Buat tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemanpuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam darah akan mengakibatkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembulu darah dan menggangu kesehatan jantung.

10.                         Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi buah tin secara rutin dipercayain dapat menurunkan resiko kanker kolon. Buah tin dapat memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan sehat.

(Suryana, 2018).

Baca Juga: Manfaat Madu Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

BUAH TIN DALAM PANDANGAN ISLAM

Buah tin merupakan buah yang sangat terkenal dalam islam karena merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Buah yang mempunyai nama latin Ficus Carica ini juga disebutkan didalam Al-Qur’an. Dikalangan umat islam, buah tin dipercayai sebagai buah yang berasal dari surga dan mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Seperti tertuang dalam ayat Al-Qur’an, Allah SWT bersumpah demi buah ini, “Demi (buah) Tin dan Buah Zaitun” Al-Qur’an surat At-Tin (95:1).

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadisnya pun membahas mengenai manfaat buah tin, “sekiranya kukatakan ada buah-buhan yang turun dari surge, maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji”. Secara ilmiah, buah tin memang terbukti sangat berkhasiat bagi kesehatan karena banyak sekali nutrisi vitamin yang terkadung dalam buah tin.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Sangat Luar Biasa

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimaksih.

DAFTAR PUSTAKA

Suryana, D. (2018). Manfaat Buah: Manfaat Buah-buahan: Dayat Suryana Independent.

Komentar

  1. Players should know their funds are protected and secure on the platform, so it is at all times a good suggestion to publish details about licenses and certificates, making such info easily accessible. An on-line casino is an enormous, time-consuming project that demands severe monetary investment. Online gambling platforms require extensive and painstaking planning, but when serious about what features to include and techniques to use, operators also 메리트카지노 needs to|must also} consider which ones to keep away from.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)