5 Jenis Software Akuntansi Yang Sering Digunakan

(Proses Accounting)

5 Jenis Software Akuntansi Yang Sering Digunakan

Menurut Lubis (2016, pp. 3-4) menjelaskan ada beberapa jenis software atau aplikasi yang sering digunakan dalam proses penyusunan laporan keungan, yaitu:

1.     Oracle

Oracle Corporation (NASDAQ: ORCL) merupakan salah satu perusahaan pertama pengembang sistem manajemen bisnis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkan lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resourse planning, dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaannya berada di Redwood City, California.

Baca Juga: Perencanaan dan Pengendalian Keuangan

2.     Zahir Accounting

Zahir Accounting merupakan software akuntansi keungan terbaik penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software yang lainnya. Mempermudah pembukuan, yang dimana seluruh jurnal akuntansi dan laporan keungan dibuat secara otomatis tanpa perlu mengerti teori akuntansi yang mendalam. Mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan bisnis, karena dilengkapi dengan berbagai analisis laporan keungan perusahaan, contohnya seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik, dan laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.

Dengan segala kelebihannya, Zahir Accounting Software lebih tepat di sebut business management software. Software yang lainnya hanya dirancang untuk mencatat jurnal transaksi, membuat laporan laba rugi dan laporan neraca, yang hanya mudah digunakan untuk mereka yang mengerti teori-teori akuntansi, berbeda dengan Zahir Accounting bisa digunakan oleh siapa saja dan mudah dipahami.

(Lubis, 2016, pp. 3-4)

Baca Juga: Penjelasan Sistem Informasi Akuntansi

3.     Daceasy

Daceasy merupakan serangkaian modul yang terintegrasi memberikan informasi penting untuk operasi bisnis yang dilakukan. Kita dapat memelihi kombinasi modul diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis kita dan mencapai hasil yang optimal.

(Proses Accounting)

4.     Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) merupakan produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan inplementasi dari SQL standar ANSI atau ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL server digunakan di dunia bisnis yang memiliki base data bersekala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL server pada basis data besar.

5.     MYOB

MYOB adalah salah satu aplikasi pembukuan yang terintegrasi dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia selain Quickbooks dan rangkaian produk dari Sage Group. Salah satu keunggulan dari MYOB adalah kemudahan bagi seseorang yang mengoprasikannya atau yang menggunakannya dan menu yang intuitive sehingga pengguna awam sekalipun dapat segera menguasai langkah-langkah pengoprasian dasar dengan sangat mudah dan cepat.

Walaupun pada dasarnya setiap perusahaan pengolahan data dengan cara yang sama, namun besar kecil perusahaan jenis usaha dan teknologi yang digunakan, serta pengaruh dari sumber daya yang lainnya menyebabkan sistem akuntansi dari perusahaan yang satu dengan perusahaan-perusahaan lainnya kemungkinan pasti akan berbeda (Lubis, 2016, pp. 3-4).

Itulah beberapa jenis software atau aplikasi akuntansi yang sering digunakan dalam proses penyusunan laporan keuangan atau suatu kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi.

Adanya software akuntansi dinilai cukup praktis dalam pelaksanaan siklus akuntansi, namun pada dasarnya pengguna software harus benar-benar mengetahu cara kerjanya, karena apabila sedikit saja melakukan kesalahan maka dia harus mengulanginya dari awal proses pekerjaannya.

Baca Juga: Psikologi Secara Umum

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Lubis, R. H. (2016). Penyusunan Laporan Keuangan dengan MYOB V19. PT Gramedia: Jakarta.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)