MANFAAT MADU SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN

 

(Madu segar)

MANFAAT MADU SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN

Madu adalah sebuah cairan kental yang di hasilkan oleh lebah madu. Madu memiliki rasa manis yang khas sekali yang tidak sama dengan gula atau pemanis lainnya. Rasa manis itu berasal dari cairan manis (nectar) yang terdapat pada bungga maupun ketiak daun yang terhisap lebah. Pada umumnya madu di hasilkan dari dua jenis lebah, lebah liar dan lebah budidaya. Madu yang dihasilkan dari hasil budidaya berasal dari tanaman rendah seperti tanaman buah-buahan maupun tanaman pertanian dengan warna madu yang cenderung cerah. Sedangkan madu yang dihasilkan oleh lebah liar berasal dari pohon yang berbatang tinggi yang biasanya oleh masyarakat disebut dengan pohon sialang.

Ada salah satu sedikit sejarah menarik dari madu, mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diayakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat kedua wanita penting di atas berumur panjang. Bagi keluarga kerajaan Inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari. Mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis madu alami digunakan inggris hingga pertengahan abad ke-17. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik (Rostita, 2007, p. 9).

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Sangat Luar Biasa

MANFAAT MADU

Menurut Rostita (2007, pp. 15-16) mengatakan dalam bukunya yang berjudul “Berkat madu: sehat, cantik dan penuh vitalitas” menjeslaskan sehat dengan madu banyak sekali, diantaranya:

1.     Konsumsi madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk melawan bakteri dan penyakit yang diakibatkan oleh virus.

2.     Madu kental menghentikan pertumbuhan bakteri Candida alba. Madu yang mengencer hingga 40% menjadi bersifat bakterisida (pembunuh bakteri) sehingga madu dapat berperan sebagai antibakteri dan antijamur. Madu mampu melawan Salmonela shigela, E . Coli, Vibrio cholera penyebab penyakit kolera yang merenggut nyawa jutaan penduduk dunia.

3.     Madu dapat mengobtai luka infeksi setelah operasi, akibat borok, serta obat untuk terapi pasca operasi pasien kanker vulva, luka jaitan, dan pencakokan kulit.

4.     Madu berguna untuk mengobati infeksi salura kencing karena madu menghentikan pertumbuhan organisme patogen.

    

(Madu, Jahe dan Jeruk Sangat Baik Untuk Kesehatan)

5.     Madu mampu mengurangi efek yang ditimbulkan oleh racun.

6.     Madu mengatasi rasa pusing.

7.     Karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan, madu adalah sumber energy instan. Satu sendok makan madu dapat memasok energy sebanyak 64 kalori.

8.     Madu sangat bermanfaat menormalisasi fungsi organ tubuh dan menyegarkan kerja urat saraf.

9.     Madu mampu mengatasi gangguan pernafasan, terutama untuk mengeyahkan dahak atau cairan yang menyumbat saluranpernafasan.

10.                         Madu juga sebagai obat batuk.

11.                        Madu bisa mengobati masuk angin

12.                         Sembelit bisa di atasi dengan madu

13.                         Madu bisa meringankan gejala asma jika di konsumsi dengan bentuk jus bersama dengan bubuk lada hitam dan jahe.

14.                         Madu mengobati penyakit anemia.

15.                        Osteoporosis dapat dicegah oleh madu.

16.                         Madu bermanfaat untuk kesehatan lambung. Kandungan mineral madu dapat mengurahi derajat keasaman dan membantu mencegah perdarahan lambung.

17.                        Madu dapat mengurangi rasa sakit ketika datang bulan.

18.                        Madu menambah kesuburan bagi pria dan wanita.

19.                        Penderita diabetes juga aman mengonsumsi madu, tetapi dengan pengawasan dokter.

20.                         Madu adalah antioksidan yang mampu memperbaiki keindahan kulit, melembutkan dan membuat awet muda.

(Rostita, 2007, pp. 15-16).

Baca Juga: Cara Mengatasi Maag Atau Dispepsia

MANFAAT MADU YANG LAIN

(Madu)

Seorang ilmuan dari Illinois University di urbana, AS, pernah menulis dalam Journal Of Apicultural Research bahwa kahasiat setiap madu bisa saja berbeda, namun semua mengandung antioksidan. Anti oksidan fenolat dalam madu memiliki daya aktif tinggi serta dapat meningkatkan perlawan tubuh terhadap tekanan oksidasi (oxidative stress) (Sakri, 2012, p. 15).

Sedangkan menurut Prof. Dr. H. Muhilal, beliau merupakan pakar gizi dari pusat penelitian dan pengembangan gizi Bogor, Jawa Barat, Mengatakan bahwa madu mengandung asam organic yang terdiri dari asam amino untuk pertumbuhan protein tubuh (asam amino non esensial) dan asam amino esensial (Iysin, Histadin, dan Triptofan). Madu memang terdiri dari komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asitelkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan langsung terserap oleh darah sehingga menghasilkan energy secara cepat bila dibandingan dengan sebuah gula biasa. Namun madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan (Sakri, 2012, p. 15).

Baca Juga: Resep Terapi Jahe Untuk Beberapa Penyakit

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimaksih.

DAFTAR PUSTAKA

Rostita. (2007). Berkat Madu: Sehat, Cantik dan Penuh Vitalitas. PT. Mizan Pustaka: Bandung.

Sakri, F. M. (2012). Madu dan khasiatnya: Suplemen sehat tanpa efek samping: Diandra Kreatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)