MANFAAT PROTEIN DAN LEMAK BAGI TUBUH

 

(salah satu makanan yang mengandung protein dan lemak)

MANFAAT PROTEIN DAN LEMAK BAGI TUBUH

Sebuah makanan dapat dibilang makanan sehat jika makanan tersebut cukup mengandung unsur-unsur atau zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Zat gizi yang dimaksud yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan air. Selain itu, makanan sehat juga merupakan makanan yang bergizi dan higienis.

Baca juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

MANFAAT PROTEIN

Menurut Maryoto (2020, pp. 9-10) menjelaskan zat gizi protein dapat ditemukan dari binatang dan tumbuhan. Dari sumber binatang, protein dapat diperoleh dari susu dan produk susu, daging, ikan, makanan laut, ayam, dan telur. Sementara dari sumber tumbuh-tumbuhan, protein dapat diperoleh dari kelompok padi-padian (beras, gandung, jagung), dan kelompok biji-bijian serta kacang-kacangan.

Protein pada makanan yang dikonsumsi mempunyai fungsi sebagai berikut:

1.     Membentuk sel-sel jaringan tubuh (ketika masih masa-masa pertumbuhan atau penyembuhan luka).

2.     Mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

3.     Memberi tenaga apabila jumlah karbohidrat dan lemak tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Konsumsi protein yang dianjurkan 15% dari jumlah kalori sehari. Kekurangan mengonsumsi protein yang terus menerus dapat menyebabkan penyakit kwashiorkor pada anak-anak dan penyakit busung lapar pada orang dewasa, pertumbuhan tidak baik, lambar berfikir, daya tahan tubuh dari penyekit menurun, dan rambut menjadi pirang.

Zat gizi protein wajib dikonsumsi karena didalamnya terdapat komponen asam amino. Ada dua macam asam amino yang diperlukan yaitu asam amino nonessensial dan asam amino essensial. Kedua asam amino ini tidak dapat disintesis oleh tubuh sendiri. sehingga kita harus memperolehnya dari makanan setiap hari. Meskipun ada 22 asam amino yang diketahui, tetapi hanya 10 macam asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Manfaat Madu Sangat Baik Untuk Kesehatan

MANFAAT LEMAK

Menurut Maryoto (2020, pp. 8-9) menjelaskan berdasarkan sumber diperolehnya, lemak dapat dibedakan menjadi 2 kelompok sebagai berikut:

1.     Lemak nabati, yaitu lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan antara lain kelapa, kenari, kacang tanah, santan, minyak kelapa, minyak kacang, dan minyak jagung. Lemak nabati pada umumnya buka merupakan lemak jenuh dan mempunyai sedikit resiko penyebab penyakit.

2.     Lemak hewani yaitu lemak yang berasal dari hewan, seperti sapi, kambing, daging, susu, keju, susu, minyak ikan, telur dan lainnya. Lemak hewani merupakan lemak jenuh sehingga mempunyai kemungkinan penyebab penyakit jantung dan kanker.

Konsumsi lemak yang dianjurkan antara 20%-25% dari jumlah dalam sehari. Mengonsumsi lemak sesuai kebutuhan dapat membawa keuntungan karena lemak memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1.     Dapat melarutkan vitamin A, D, E dan K sehingga mudah diserap oleh dinding usus halus.

2.     Mampu melindungi alat-alat tubuh yang halus (otak, ginjal) dari gangguan mekanik.

3.     Membantu memperbaiki rasa pada makanan, yaitu rasa guruh dan harum.

B   Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Sangat Luar Biasa

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimaksih.

DAFTAR PUSTAKA

Maryoto, A. (2020). Manfaat Serat bagi Tubuh (Sulistiono Ed.). Alprin: Semarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)