NUTRISI UTAMA UNTUK KESEHATAN OTAK

 

(Struktur Otak)

NUTRISI UTAMA UNTUK KESEHATAN OTAK

Otak manusia merupakan salah satu bagian organ yang paling penting bagi tubuh dan organ-organ lainnya. Otak menjadi pusat control dari semua pekerjaan organ-organ dalam manusia, seperti otak mengatur pikiran, emosi, dan bicara. Otak juga menjadi pusat kendali semua hal seperti kegiatan bernafas yang dilakukan oleh paru-paru, detak jantung yang dilakukan oleh jantung untuk memompa dan mengalirkan darah keseluruh tubuh, hingga fungsi yang kompleks seperti dorongan seks, ingatan dan suasana hati.

Sepanjang manusia atau individu tersebut masih hidup, otak terus sibuk menerima rangsangan, mengelola dan menyimpan informasi, mengembangkan pikiran dan emosi, serta menyimpan memori. Makanan dan nutrisi yang kita konsumsi sangat diperlukan untuk menjaga agar otak dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

NUTRISI UTAMA UNTUK OTAK

Menurut Perreta (2006, p. 11) menjelaskan tiap-tiap nutrisi berikut ini memainkan peran penting dalam membangun kekuatan otak serta menjaga kesehatan fisik dan mental, yaitu:

1.     Air

Air menjadi komponen utama dalam darah, yaitu sekitar 83%. Air bertugas sebagai sistem transpot yang mengedarkan nutrisi ke otak dan mengeluarkan sampah. Pasokan air bersih yang cukup merupakan hal penting untuk menjaga kemampuan konsentrasi dan kewaspadaan.

2.     Protein

Protein ditemukan dalam telur, daging, susu, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, keju. Komponen protein menyediakan materi pembangun struktur di seluruh jaringan tubuh, saraf, dan organ dalam, termasuk jantung, otak dll. Protein juga digunakan untuk memproduksi neurotransmitter dan membangun dan menjaga jaringan saraf. Protein sangat penting dibutuhkan bagi otak untuk meningkatkan fungsi mental dan membangkitkan semangat.

3.     Karbohidrat

Karbohidrat ditemukan pada nasi, kentang, biji-bijian, buah dan sayuran. Melalui proses pencernaan, karbohidrat dipecah menjadi gula yang disebut dengan glukosa. Glukosa memasok sumber energy utama bagi otak. Tetapi, kadar gula darah harus tetap dijaga agar tidak ber fluktuasi secara drastic, sehingga tidak terjadi linglung, pening, kejang, bahkan pingsan.

Baca Juga: Manfaat Madu Sangat Baik Untuk Kesehatan

(Sel Jaringan Neuron Pada Otak)

4.     Lemak

Ada tiga jenis lemak dalam makanan, yaitu lemak jenuh, tidak jenuh tunggal, dan tidak jenuh ganda. Istilah “asam lemak esensial” merujuk pada dua jenis lemak tak jenuh ganda, yaitu omega-6 dan omega-3. Penelitian atas asam lemak esensial menunjukan bahwa lemak khusus ini dapat meningkatkan ukuran otak dan jumlah sel otak, memperbaiki penglihatan dan membantu belajar. Sumber utama asam lemak esensial adalah ikan salmon, makerel, biji-bijian, kacang-kacangan, sarden, ikan laut.

5.     Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan komonen makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan serta untuk fungsi tubuh dan otak. Zat ini terdapat pada berbagai jenis makanan dengan jumlah yang berbeda-beda. Variasi jenis makanan akan membantu tercukupnya kebutuhan nutrisi penting.

Vitamin B kompleks berperan penting dalam menghasilkan energy dan penting bagi otak. Vitamin A, C dan E merupakan anti-oksidan yang kuat dan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga memori pada orang usia lanjut.

Mineral merupakan faktor penting dalam menjaga kekuatan otak. Magnesium dan mangan dibutuhkan untuk memberikan energy pada otak. Sodium, potassium, dan kalsium sangat penting untuk komunikasi sel saraf dan mempermudah pengiriman pesan. (Perreta, 2006, p. 11)

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

MENGAPA KITA BISA BERFIKIR CEPAT?

Terkadang otak dan sistem saraf bertindak sebagai layanan pengiriminan pesan. Otak menjadi pusat mengolahan berita. Sedangkan sel saraf membentuk jaringan informasi yang membawa pesan ke seluruh tubuh.

Neurotransmitter adalah “kurir’ pembawa pesan dari satu neuron ke neuron lainnya. Kurir ini dapat bergerak melesat dengan kecepatan sangat tinggi sekali, dalam beberapa kasus dapat mencapai sekitar 450 km per jam!!! (Perreta, 2006, p. 9).

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Perreta, L. (2006). Makanan Untuk Otak (S. Teviningrum, Trans.). Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)