TEKNIK TEKNIK PERMAINAN BOLA VOLI

 

(pemain akan melakukan servis bola voli)

TEKNIK TEKNIK PERMAINAN BOLA VOLI

Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh 6 (enam) pemain dalam setiap timnya, yang dimana setiap tim saling menyerang satu sama lain hingga tim lawan tidak bisa mengembalikan bola kembali. Dalam permainan bola voli jika sebuah tim ingin memenangkan sebuah pertandingan, maka setiap pemain harus dapat mengkombinasikan dan mengkordinasikan teknik servis, passing, smes, maupun blok yang baik sesuai dengan ukuran ruang dan waktu.

Dibawah ini ada beberapa teknik-teknik dasar permainan bola voli berserta tatacanya menurut Wisahati (2010, pp. 10-11) sebagaiberikut:

Baca Juga: Penyebab dan Proses Cedera Olahraga

(Pemain Sedang Melakukan Passing Bawah)

·        Latihan Teknik Dasar Passing Bawah

1.     Sikap Awal

Berdiri dengan siap, lutut agak ditekukan, kedua tangan dirapatkan lurus, lalu ketika bola datang gerakan tangan mendoro bola kedepan atau keatas sesuai tujuan passing bola kearah kemana.

2.     Gerakan

Pukulah bola yang datang antara pergelangan tangan dan siku dari pergelangan tangan dengan bidang seluas-luasnya.

3.     Gerak Lanjut

Pada saat perkenaan bola, lengan dengan keadaan lurus lengan diayunkan dengan tidak melehibi tinggi bahu.

Baca Juga: 6 Olahraga Paling Populer Di Dunia

(posisi tangan passing atas)

·        Latihan Teknik Passing Atas (set up)

1.     Sikap Awal

Berdiri dengan sikap kedua lutut dibengkokan posisi jari tangan direnggangkan dan kekuatan terletak pada ibu jari dan telunjuk. Sedangkan jari yang lainnya sebagai keseimbangan.

2.     Gerakan

Gerakan tangan mendorong bola kedepan atas kedua siku lurus disertai dengan meluruskan kedua kaki hingga tumit terangkat ke atas. Perkenaan bola mengenai ruas jari-jari pertama.

3.     Gerak Lanjutan

Tumit Terangkat dari lantai, kedua tangan lurus. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

(servis atas)

·        Keterampilan Dasar Gerakan Servis Atas

Berdiri tegak, kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri depan, kanan dibelakang). Tangan kiri memegang bola di depan badan. Pandangan kea rah bola (depan). Lambungkan bola keatas agak kebelakang menggunakan tangan kiri. Lentingkan badan kebelakang, bersamaan dengan gerakan badan kedepan, bola dipukul menggunakan tangan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan. Berat badan dibawah ke depan dengan melangkahkan kaki belakang (kanan) ke dapan. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Renang Sebagai Terapi

(Posisi Siap Servis bawah)

·        Keterampilan Dasar Gerakan Servis Bawah

Berdiri tegak. Kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang. Lalu tangan kiri memegang bola dengan tangan di luruskan ke depan bersiap untuk melemparkan bola ke atas untuk di pukul oleh tangan kanan dari bawah, posisi tangan kanan di Tarik kebelakang, pada saaat sebelum memukul pandangan ke depan untuk memilih taget bola diarah kan kemana dan pada saat proses memukul bola pandangan di arahkah ke gerakan bola. lalu lemparkan bola ke atas dan ayunkan tangan kanan untuk memukul.

(loncatan blok)

·        Keterampilan Blok Serangan Lawan

Ketika pemain ingin melakukan blok bola dari serangan lawan maka pemain harus siap dalam menanggapi bola. pertama perhatikan bola akan di lepaskan kea rah mana, lalu kaki siap menekukan lutut sedikit untuk bersiap meloncat, lalu ketika meloncat angkat kedua tangan sambal jari jari menutup laju arah bola, dan ketika melakukan blok usahakan ketika bola bersentuhan dengan area telapak tangan lalu tekukan sedikit kebawah agar bola memantul ke daerah lawan hingga menukik ke bawah.

Baca Juga: Prinsip-Prinsip Latihan

(Smes)

·        Keterampilan Teknik Dasar Smes

Smes meruapakan gerakan memukul bola dengan keras dengan arah menukik dan mematikan.

Adapun cara melakukan gerakan smes

1.     Sikap Awal

Berdiri sikap melangkah menghadap arah net, berat badan pada kaki depan pandangan kea rah depan.

2.     Gerakan

Rendahkan kedua lutut bersamaan kedua lengan ditarik ke belakang lalu tolakan kedua kaki ke atas bersamaan kedua lengan diayunkan ke atas. Pukullah bola dengan telapak tangan pada bagian atas  bola bersamaan dengan pergelangan lengan tangan diaktifkan. Usahakan bola yang dipukul berada didepan kurang lebih 60 cm.

3.     Gerak Lanjutan

Mendarat dengan kedua ujung telapak kaki, bersamaan kedua lutut mengeper. Kedua lutut direndahkan, berat badan dibawah ke depan pandangan kedepan atas, lengan disamping badan.

(Wisahati, 2010).

Baca Juga: Pendidikan Jasmani Secara Umum

Jangan Lupa Langganan (Gratis), Share dan Comment Agar Tidak Ketinggalan Artikel Terbaru Dari Journal Extract. Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Wisahati, A. S. S., Teguh (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. J Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan, Jakarta

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)