TRANSFER PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK

 

(Bermain)

TRANSFER PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK

Transfer of learning in motor development

Transfer of learning menurut Schmidt and Lee (2013, p. 345) mengemukakan Transfer, erat kaitannya dengan pembelajaran, terlihat ketika berlatih pada satu tugas berkontribusi pada kemampuan kinerja dalam beberapa tugas lain. Transfer bisa positif atau negatif, tergantung pada apakah itu meningkatkan atau menurunkan kinerja pada tugas lain, biasanya dibandingkan dengan kondisi kontrol tanpa latihan. Adapun menurut Edwards (2010, p. 193) menjelaskan Transfer mengacu pada pengaruh belajar satu keterampilan pada kinerja dari keterampilan lain.

Baca Juga : Pengertian Motivasi

Transfer belajar sangat terkait dengan retensi belajar. Dalam kedua kasus, kinerja dinilai baik selama pembelajaran itu sendiri maupun selama pengujian setelah pembelajaran selesai, dengan tes sering terjadi setelah penundaan. Dalam kasus retensi murni, tugas yang sama diperiksa selama pelatihan dan pengujian, sedangkan dalam kasus transfer tugas yang berbeda diperiksa selama pelatihan dan pengujian. Untuk penilaian transfer, ketika dua tugas terkait erat "transfer dekat" dievaluasi, sedangkan ketika mereka terkait lebih jauh "transfer jauh" dievaluasi. Dengan demikian, tergantung pada kesamaan antara tugas yang digunakan selama pelatihan dan pengujian, dapat ada kontinum evaluasi mulai dari retensi murni hingga transfer jauh (Wohldmann & Healy, 2020).

Baca Juga: Tahap Pembelajaran Motorik

Konsep transfer dekat maupun jauh dalam pembelajaran telah banyak sekali di bahas dari berbagai literature. Dalam model Near/Far, transfer dekat terjadi ketika konteks pelatihan dan perilaku terlatih hampir identik dengan konteks aplikasi dan perilaku aplikasi. Contoh umum yang digunakan adalah mengikat tali sepatu. Setelah kita belajar mengikat tali sepatu, kemungkinan besar keterampilan itu akan digeneralisasikan untuk mengikat semua tali sepatu terlepas dari panjang atau warna atau ketebalan renda, atau desain sepatu. Transfer dekat melibatkan studi tentang masalah atau tugas dan kemudian mempraktikkannya ke tingkat otomatisitas yang tinggi (Matthews, 2018).

Menurut Matthews (2018) transfer jauh sebuah konsep yang meadukan solusi masalah daripada rutinitas, maka secara langsung dapat diterapkan secara langsung, tugas transfer jauh melibatkan keterampilan dan pengetahuan yang diterapkan dalam situasi yang berubah dan penerapan keterampilan dijalankan secara berbeda tergantung pada situasinya. Dalam transfer Jauh, pelajar menyesuaikan tindakan mereka berdasarkan penilaian mereka terhadap situasi.

Baca Juga: 3 Konsep Kurikulum


(Bermain)

Makada dari itu penting untuk menyadari bahwa perpindahan dekat dan jauh terjadi pada suatu kontinum dan perpindahan itu lebih dekat atau jauh dari konteks dan perilaku pelatihan. Penting juga untuk menyadari bahwa orang sangat bervariasi dalam kemampuan mereka untuk melihat, merasakan, atau merasakan kesamaan antara situasi masalah yang berbeda.

Adapun menurut Cleary et al. (2012) menjelaskan transfer pembelajaran tergantung pada seberapa mirip tugas belajar vs transfer, yaitu: teransfer dekat merupakan teransfer pengetahuan antara konteks yang sama, sedangkan transfer jauh merupakan transfer pengetahuan antara konteks yang berbeda.

 Baca Juga: Teori Belajar Humanistik

Terimaksih Sudah Membaca Artikel Journal Extract Semoga Bermanfaat. Jangan lupa share dan comment. Terimaksih.

 

DAFTAR PUSTAKA

Cleary, A. M., Brown, A. S., Sawyer, B. D., Nomi, J. S., Ajoku, A. C., & Ryals, A. J. (2012). Familiarity from the configuration of objects in 3-dimensional space and its relation to déjà vu: A virtual reality investigation. Consciousness and Cognition, 2, 969-975. doi:10.1016/j.concog.2011.12.010

Edwards, W. H. (2010). Motor Learning and Control: From Theory to Practice: Cengage Learning.

Matthews, P. (2018). Near and far transfer of learning. trainingjournal.

Schmidt, R., & Lee, T. (2013). Motor Learning and Performance, 5E With Web Study Guide: From Principles to Application: Human Kinetics.

Wohldmann, E. L., & Healy, A. F. (2020). Learning and transfer of calorie information. J Applied Cognitive Psychology, 34(6), 1485-1494.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)