Flipped Classroom (Pembelajaran Terbalik)

 


Flipped Classroom

Filipped classroom atau pembelajaran terbalik pada saat ini sering di bahas di media-media berita Indonesia, sebagai contoh media berita kicaunews.com yang emngangkat judul “pasca pandemic flipped classroom model pembelajaran inovatif” yang di terbitkan tanggal 8 juni 2022. Adapun dari media dari Timeindonesia.co.id yang mengkat judul “Pengabdian Mayarakat Dosen Unisma Malang kenalkan Flipped Classroom” di terbitkan pada tanggal 22 mei 2022. Lalu dalam jpn.com yang mengangkat judul “flipped Classroom, metode pembelajaran untuk era 4.0” yang diterbitkan pada tanggal 6 juni 2022. Lalu adapun dari media luar Indonesia dari Institute for the future of Education, yang mengangkat judul “Flipped Classroom is like showing a “Tailer” of the class to students” yangditerbitkan pada tanggal 21 maret 2022.

Baca Juga: Pedagogi Outdoor Education

Banyak sekali pembahasan mengenai flipped classroom ini hingga akhirnya mulai diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yang dimana sudah ada penelitiannya yang diterbitkan di MDPI Education Science menurut Ferriz-Valero, Østerlie, García-Martínez, and Baena-Morales (2022) yang mengangkat judul “Flipped Classroom: A good Way for Secondary Physical Education Students to Learn Volleyball” yang dimana Dalam Penelitian ini, diproleh data kelompok Flipped Classroom dengan nilai P-Value / nilai sig 0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan Kelompok Flipped Classroom meningkat secara signifikan setelah diberikan treatmen Flipped Classroom dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan pengajaran tradisional. Untuk variabel motivasi diperoleh data motivasi intrinsik dengan nilai P-Value / nilai sig 0.001 , data motivasi regulasi yang diintrojeksi dengan nilai P-Value / nilai sig 0.009 , dan data motivasi regulasi eksternal dengan nilai P-Value / nilai sig 0.013 . Artinya, kelompok Flipped Classroom meningkat secara signifikan lebih pada semua variabel setelah diberikan treatmen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Baca Juga: Tahap Pembelajaran Motorik

Secara sederhana konsep flipped classroom atau pembelajaran terbalik dengan konsep pembelajaran tradisional yaitu apabila pembelajaran tradisional, ketika di sekolah siswa akan di berikan penyajian pembelajaran, diskusi kelompok, rangkuman lalu di rumah siswa harus mengerjakan PR, latihan soal. Berbeda dengan kelas terbalik yaitu H-1 sebelum pembelajaran besok dilaksanakan siswa akan diberikan sebuah video untuk di analisis, lalu mencatatan poin penting, lalu membuat pertanyaan, ketia besok di sekolah siswa di perkenakan untuk mencoba memperaktekan, lalu menanyakan apa yang menjadi kesulitan kepada gurunya. Jadi flipped classroom ini siswa seperti menonton cuplikan apa sih yang akan di pelajari besok bersama gurunya.

Baca Juga: Ontologi

Terimakasih Telah Membaca Journal Ekstract, Semoga Bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Ferriz-Valero, A., Østerlie, O., García-Martínez, S., & Baena-Morales, S. (2022). Flipped Classroom: A Good Way for Lower Secondary Physical Education Students to Learn Volleyball. J Education Sciences, 12(1), 26.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MATEMATIKA MENURUT 6 PARA AHLI

PERBEDAAN ANTARA JIWA DAN NYAWA

PENGERTIAN SENI DAN PENGELOMPOKAN SENI

TAHAP PEMBELAJARAN MOTORIK

PRINSIP-PRINSIP LATIHAN

JENIS JENIS KEKERASAN ANAK (CHILD ABUSE)

SELF-CONTROL (PENGENDALIAN DIRI)